oleh

Adakah Sikap Kepemimpinan pada Diri Kita?

Kepemimpinan adalah sikap atau tindakan yang memumpuni banyak keahlian seperti, sikap pemimpin, pandangan dalam mengambil strategi, mempunyai visi dalam setiap tindakannya, dapat mengatur segala hal dan permasalahan, mempunyai tujuan dalam setiap keputusanya, sikap kerja sama dengan anggota tim, dan dapat memberi dan menjadi motivasi bagi sekitarnya.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa menjadi seorang pemimpin bukan semata mata hanya membawa sekumpulan pengikut atau berbicara di depan umum saja, tetapi terdapat banyak faktor yang membuat seseorang tersebut sehingga akhirnya dianggap menjadi seorang pemimpin. Singkatnya, bisa kita simpulkan bahwa Ketika kita dapat mempengaruhi seseorang untuk mengikuti kehendak kita dengan kesadaran tanpa keterpaksaan dan kekerasan, kita sudah dapat dianggap sebagai pemimpin.

BACA JUGA:  Sarana Belajar di Era Covid-19, Mahasiswa KKN UM Ciptakan Video Edukasi Bagi Anak TPQ

Jika kita lihat secara luas lagi, belajar menjadi seorang pemimpin perlu dimulai dari kesadaran diri dalam mengatur diri kita sendiri, mari simak beberapa tip agar anda mulai memimpin diri anda sendiri

Bangun tidur di pagi hari
Ketika kita bangun di pagi hari, otak kita mudah membuat jadwal apa yang akan kita lakukan seharian itu. Dan juga bangun pagi akan membuat kita lebih bersemangat menjalani hari itu.

Membuat jadwal yang akan dilakukan seharian
Ketika kita membuat jadwal seharian pada hari itu besar kemungkinan kita akan mengikuti apa yang sudah kita rencanakan pada list yang akan kita lakukan seharian itu.

BACA JUGA:  ADRI Kukuhkan Pengurus di Amerika Serikat, Optimalkan Kultur Akademik Kampus

Istirahat
Menjadi seorang pemimpin juga harus tahu kapan dan jangka waktu dia melakukan sesuatu alias mengatur waktunya. Dan perlu di ketahui pula bahwa istirahat merupakan jeda yang sangat penting agar tubuh kita produktif kembali. Anda dapat mengambil jeda sebentar untuk makan siang atau tidur siang.

Hindari rasa menunda-nunda
Rasa ingin menunda-nunda suatu perkerjaan sangatlah jauh dari sifat pemimpin. Rasa ini akan semakin membuat dirimu tidak produktif dan mengabaikan daftar perkerjaan anda dalam seharian sehingga membuat pekerjaan anda semakin terbengkalai. Jadi sebisa mungkin anda hindari rasa menunda-nunda ini dengan tetap konsisten mengikuti jadwal seharian anda dengan alasan memulainya hanya 5 menit saja, karena jika nanti mulai nyaman melakukannya, diri anda akan otomatis mengerjakannya hingga selesai tanpa anda sadari.

BACA JUGA:  ADRI Gelar Webinar Internasional Pengembangan Karier Dosen

Komitmen
Menjadi seorang pemimpin juga membutuhkan sebuah komitmen untuk melakukan dan menyelesaikan tanggung jawabnya hingga jangka waktunya selesai, jadi andapun harus tanggung jawab dengan daftar keseharian hingga selesai dan lakukanlah lagi di keesokan harinya! Selamat mencoba dan semangat beraktivitas!

Ditulis oleh: Nawwal Rofahah

Komentar

Berita lainnya