oleh

Bantu Sesama, Warga Sawangan Dirikan Dapur Umum

DEPOK – Warga RW 03 Sawangan Depok memiliki program unik berbentuk dapur umum yang memproduksi makanan selama 7 hari kepada warganya yang membutuhkan. Bentuk pengelolaan donasi yang berkelanjutan serta melibatkan elemen masyarakat merupakan tujuan dari program dapur umum ini. Diharapkan dengan adanya dapur umum ini, bukan menghilangkan anggaran konsumsi keluarga, melainkan mengurangi anggaran konsumsi dari keluarga tersebut. Agar uang yang ada dapat digunakan untuk keperluan lain menjelang idul fitri.

BACA JUGA:  Penanganan Covid-19, Depok Akan Kembali Perketat Pengawasan Area Publik

Program ini diinisiasi oleh forum kepemudaan tingkat RW yang bekerjasama dengan ibu-ibu dan ketua lingkungan. Uang yang digunakan untuk operasional merupakan uang hasil donasi dari para donatur, per Minggu (17/05/20) program ini sudah memasuki hari ke-3. Di hari pertama, dapur umum memproduksi 120 nasi kotak, dan hari ini akan memproduksi 150 nasi kotak.

Dalam operasionalnya, panitia dibantu oleh 5 orang ibu-ibu dalam urusan memasak. Adapun panitia memiliki 4 tim teknis, yaitu : tim dapur (3 orang), publikasi (4 orang), data (4 orang), dan koordinator relawan (2 orang). Masing-masing tim bertugas pada lingkup tanggung jawabnya masing-masing.

BACA JUGA:  Wali Kota Depok Berkurban 50 Ekor Sapi Tersebar di 11 Kecamatan

Total relawan yang terlibat dalam program ini ada sekitar 40 orang yang di bagi dalam 3 shift, yaitu : Shift 1 (21.00-22.00) untuk melipat kotak nasi, shift 2 (13.00-14.00) untuk mengemas makanan, shift 3 (3.30-4.30) untuk menyalurkan makanan. Shift 1 diisi oleh 6 orang, shift 2 diisi oleh 6 orang, dan shift 3 diisi oleh 18 orang. Untuk shift 3, relawan dibagi kedalam 3 tim penyaluran dan masing-masing berjumlah 6 orang. Melalui pengelolaan donasi semacam ini, panitia dapat menyalurkan 1000 nasi kotak, membantu 150 warga yang membutuhkan, mempekerjakan 5 orang ibu rumah tangga, serta membuka ruang kontribusi bagi 43 pemuda.

Komentar

Berita lainnya