oleh

Aksi Bersama Selamatkan Bangsa Jangkau Satu Juta Jiwa

Menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia per 29 April 2020, persebaran Covid-19 telah sampai kepada 34 provinsi. Jumlah kasus mencapai 9.771 dan jumlah korban meninggal ada di angka 784. Sementara di dunia, ada 213 negara terjangkit dengan 3.090.445 kasus dan 217.769 di antaranya meninggal.

Meluasnya persebaran Covid-19 berdampak pada sejumlah sektor di Indonesia, utamanya kesehatan dan sosial ekonomi. ACT turut menggencarkan rangkaian aksi penanganan dampak Covid-19. Aksi penanganan dampak pandemi corona yang bertajuk “Bersama Selamatkan Bangsa” ini telah menjangkau 25 provinsi di Indonesia dan 5 negara di seluruh dunia sejak 2 Maret hingga 29 April 2020 lalu.

BACA JUGA:  Kembali Layanan 1000 Makan Gratis Humanity Food Truck ACT Untuk Warga Depok

“Kita sudah adakan 8.759 aksi, baik untuk aksi medis seperti bantuan Alat Pelindung Diri (APD), maupun nonmedis seperti Operasi Beras Gratis. Sekitar 1,1 juta jiwa telah kita sasar dalam aksi ini,” jelas Direktur Program ACT Bambang Triyono pada Jumat (1/5).

Untuk mendukung aksi-aksinya, ACT juga telah mendirikan sejumlah posko penanganan Covid-19. Sebanyak 40 posko berdiri dari Sumatra, Jabodetabek, Pulau Jawa, hingga Nusa Tenggara. Satu posko nasional juga berdiri di Ciputat, Tangerang dan mengkoordinasi semua posko wilayah.

BACA JUGA:  ACT Depok dan Zakat Sukses Kolaborasi Program Humanity Care

Tercatat sekitar 2.000 rumah dan ribuan fasilitas umum telah menerima bantuan medis dan nonmedis ACT. Selain itu ada area-area publik lainnya seperti tempat ibadah, sarana umum, instansi pendidikan, rumah sakit, perkantoran, musala, kantor pemerintahan, SPBU, pertokoan, puskesmas, dan panti asuhan yang turut menerima manfaat dari rangkaian aksi penanganan Covid-19 ini.

Selain bantuan tanggap darurat, edukasi mitigasi penyebaran Covid-19 juga diberikan. Untuk mendukung imbauan pembatasan jarak fisik, edukasi dan sosialisasi dilakukan melalui aplikasi daring. Seluruh kegiatan di atas juga didukung oleh 12 komunitas.

BACA JUGA:  Satu Buku Satu Pintu; Untuk Anak di Pinggiran Kota Depok

Aksi-aksi ini akan terus berlanjut selama masa darurat pandemi corona berlangsung. Bambang mengajak kepada semua pihak untuk terus memberikan dukungan kepada mereka yang terdampak virus corona.

“Saatnya kita terus membantu mereka, baik mereka yang rentan dari sisi kesehatan maupun sisi ekonomi. Dan semoga dengan bersama-sama, kita bisa melewati masa pandemi ini segera,” harap Bambang.

Salurkan kepedulian terbaik untuk kebutuhan pangan saudara sebangsa yang telah kehilangan mata pencaharian melalui Rek BNI Syariah 8660 2910 2003 0195 a/n Aksi Cepat Tanggap.

Komentar

Berita lainnya