oleh

Krisis Pangan Ditengah Pandemi, DD Jabar Gulirkan Program Kebun Pangan Keluarga

BANDUNG, JAWA BARAT—Tingkatkan ketahanan pangan masyarakat di tengah upaya Cekal (Cegah Tangkal) pandemi virus Corona (Covid-19), Dompet Dhuafa Jabar menggulirkan program Kebun Pangan Keluarga di RW 14 Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung sejak kemarin (Jumat, 10/04). Sebanyak 55 kepala keluarga menerima bantuan paket berkebun dan ternak, serta diberikan pelatihan tentang cara bertani yang baik dan benar.

“Program Kebun Pangan Keluarga ini dilakukan untuk mensiasati kebutuhan pangan bagi keluarga yang terdampak virus Corona (Covid-19) agar bisa memperoleh kebutuhan pangan dasarnya dari halaman rumah sendiri,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah melalui pesan singkatnya (Sabtu, 11/04).

BACA JUGA:  ACT Depok dan Zakat Sukses Kolaborasi Program Humanity Care

Dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mempengaruhi semua aspek kehidupan yang ada di masyarakat. Imbauan kepada warga untuk tetap di rumah semakin diperketat dengan karantina wilayah parsial di zona pandemik COVID19. Warga harus meningkatkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat) dan menjaga jarak.

Sikap disiplin warga masyarakat agar tetap di rumah dan menjaga pola hidup bersih dan sehat saat pandemik virus Corona (Covid-19) akan sulit dilakukan jika pemenuhan kebutuhan hidup keluarga tidak tercukupi. Begitupula pola hidup bersih dan sehat tidak bisa dilakukan jika warga masyarakat hanya diam di rumah dan tidak banyak beraktivitas.

BACA JUGA:  Satu Buku Satu Pintu; Untuk Anak di Pinggiran Kota Depok

“Melalui program ini masyarakat didorong untuk melaksanakan anjuran pemerintah untuk beraktivitas di rumah. Masyarakat juga diberikan kegiatan yang positif dan produktif selama mereka di rumah. Diharapkan dengan begini mata rantai penularan virus Corona (Covid-19) bisa terputus karena masyarakat tidak perlu lagi keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan dasarnya sehari hari,” lanjut Andri.

BACA JUGA:  Kembali Layanan 1000 Makan Gratis Humanity Food Truck ACT Untuk Warga Depok

Salah seorang Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 14, Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Nunung Herawati (40), mengungkapkan rasa terima kasihnya atas digulirkannya program Kebun Pangan Keluarga.

“Sangat mengucapakan terima kasih atas bantuannya dan terselenggaranya Kebun Pangan Keluarga yang difasilitasi oleh Dompet Dhuafa Jabar, semoga berkelanjutan dan menjadikan keberhasilan dan sukses, dan bermanfaat bagi kami semua,” ungkap Nunung.

Komentar

Berita lainnya