oleh

ILUNI UI Serahkan Satu Unit Ambulans dan Paket APD Covid-19 ke RSUI

DEPOK – ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia) Tanggap Covid-19 bersama Koordinator Nasional (Kornas) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyerahkan satu unit ambulans serta paket Alat Pelindung Diri (APD) beserta vitamin, hand sanitizer, dan disinfektan untuk tenaga medis Rumah Sakit UI (RSUI) yang menangani pasien Covid-19.

Penyerahan satu unit ambulans diberikan oleh Ketua Umum ILUNI UI sekaligus Ketua Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian kepada Plt. Direktur Utama RSUI Dr. dr. Sukamto Koesnoe, Sp.PD., K-AI, di Gedung Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU) Universitas Indonesia Depok, Sabtu (11/4).

ILUNI UI berharap ambulans itu dapat mendukung kerja tim RSUI untuk mengantar jemput pasien Covid-19 dan APD yang diberikan dapat membantu kelancaran tugas dalam menangani pasien Covid-19. “Semua biaya operasional ambulans ditanggung gugus tugas Covid-19, bensin, pemeliharaan mobil, perlengkapan, gaji supir semua beres, RSUI tinggal pakai saja,” jelas Andre, dalam rilis yang diterima Sabtu (11/4/2020).

BACA JUGA:  ILUNI UI Bagikan 4.050 Paket Sembako untuk Masyarakat dan APD Tenaga Medis

Selain RSUI, ILUNI UI Tanggap Covid-19 juga akan memberikan donasi APD untuk sejumlah puskesmas di sekitar Depok yang diprioritaskan adalah puskesmas yang masih belum mendapatkan bantuan APD. “Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah keselamatan para tenaga medis sebagai garda terdepan,” tegas Andre.

Andre menjelaskan, ILUNI UI berkoordinasi dan bersinergi dengan 16 ILUNI Fakultas, ILUNI Wilayah, serta Chapter untuk menggalang donasi untuk berbagai kebutuhan, mulai dari donasi konsumsi rutin tenaga medis setiap hari maupun penyediaan cairan disinfektan oxonia active sebanyak 200 liter.

BACA JUGA:  Bantu Sesama, Warga Sawangan Dirikan Dapur Umum

Plt. Direktur RS UI Dr. dr. Sukamto Koesnoe, Sp.PD., K-AI menyampaikan apresiasinya, “Kami berterimakasih atas dukungan para alumni kepada tim medis yang berada di garis depan, dan semoga tidak lelah untuk terus mendukung karena masih banyak petugas RS yang juga membutuhkan APD,” ujar Sukamto.

Selain donasi, ILUNI UI bersama Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI) juga tengah mengembangkan platform bernama SIGAP untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan alat kesehatan, khususnya APD. SIGAP akan menampung informasi yang dapat dipercaya terkait kebutuhan rumah sakit, ketersediaan stok barang di supplier, dan sekaligus kontak langsung pada masing-masing rumah sakit dan pemasok tersebut.

BACA JUGA:  Pakar Kebijakan Publik dan Ekonomi: Ada Ketimpangan Distribusi Uang dalam Masyarakat

Melalui Gerakan ILUNI UI Tanggap Covid-19, ada delapan jenis program bantuan yang berada di bawah koordinasi ILUNI UI bersama dengan ILUNI Fakultas, Wilayah, dan Chapter. Bantuan tersebut berupa penyediaan APD, hand sanitizer dan disinfektan lingkungan, paket logistik untuk relawan dan masyarakat, konsumsi untuk Asrama Mahasiswa UI, bilik disinfektan cepat sinar UV dan wastafel portabel, serta pembuatan kaus Jaga Jarak yang keuntungannya untuk didonasikan dalam program Tanggap Covid-19.

Andre mengundang para alumni, masyarakat maupun perusahaan untuk menyalurkan donasinya melalui ILUNI UI ke Nomor Rekening 2025806665 ILUNI UI-Bank BNI Cabang UI Depok atau ke Nomor Rekening 070 0000202585 ILUNI UI-Bank Mandiri KC Jakarta Plaza Mandiri. (BKarmila/Depokpos)

Komentar

Berita lainnya