oleh

Ternyata Bersin Sangat Baik untuk Kesehatan

Bersin sebenarnya disebabkan oleh beberapa jenis iritasi pada lapisan hidung yang tubuh untuk mengeluarkan zat asing ini, Karena hidung kita dirancang untuk menyaring udara yang kita hirup secara alami, lendir di dalam lubang hidung secara mengejutkan bertindak sebagai perangkap kotoran dan bakteri. Percaya atau tidak, perut kemudian mencerna lendir dan dapat membunuh bakteri berbahaya yang telah terkumpul. Tetapi bersin sebenarnya dipicu oleh sesuatu yang mengiritasi selaput lendir kita di dalam hidung, termasuk alergen, iritan, atau yang lebih penting, bakteri yang terkait dengan virus seperti flu biasa.

Terjadinya bersin benar-benar dari interaksi yang sangat kompleks antara hidung, otak, dan berbagai otot di seluruh tubuh kita. Namun sayangnya, dari kita mungkin pernah menahan bersin, apalagi ketika berada diruang meeting atau tempat lainya. Kita biasanya menutup hidup serta menutup mulut dengan berharap tidak membuat suara agar tidak malu atau menjadi pusat perhatian orang yang ada disekeliling kita.

Mungkin memalukan, padahal sebenarnya itu tanda bahwa tubuh kita dalam mode pertarungan yang sehat. Inilah yang terjadi ketika kita bersin. Seperti yang dilansir dari laman goodhousekeeping, berikut alasan penting mengapa kita tidak boleh menahan bersin dan bersin baik untuk kesehatan kita :

BACA JUGA:  Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Ampuh Kecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Wajah

1. Bersin menghilangkan kuman yang menganggu.

Mukosa hidung (juga dikenal sebagai jaringan yang melapisi rongga hidung) dapat memicu bersin ketika mengenali penyusup (seperti virus berbahaya atau pemicu alergen). Ini mengirimkan pesan melalui saraf trigeminal (yang membawa sensasi dari wajah ke otak) ke batang otak kita. Jamie Kiehm, MD, seorang ahli alergi dan imunologi yang berbasis di New York City, menjelaskan bahwa serangkaian sinyal saraf melakukan perjalanan ke berbagai bagian tubuh kamu, termasuk otot-otot yang ditemukan di dada, tenggorokan, dan wajah kita. Bersin dimulai setelah kita datang bersentuhan dengan sesuatu yang berbahaya di udara.

BACA JUGA:  Tanaman Hias dalam Ruangan untuk Kesehatan

2. Bersin memungkinkan kotoran keluar melalui hidung.

Itulah sebabnya kita tidak boleh mencubit hidung saat bersin, menahan bersin berarti semua polutan dan bakteri berbahaya yang telah disaring hidung kita akan tetap ada. Sinyal saraf dari batang otak kita mengarahkan langit-langit mulut dan uvula ke mulut untuk bergerak sedikit; kemudian, lidah muncul untuk menutup mulut sehingga sebagian besar dari apa yang akan keluar melalui hidung kita. Mata kita menutup tanpa sadar, dan diafragma mendorong ke atas secara bersamaan ketika otot-otot dada berkontraksi mendorong udara keluar dari paru-paru. Mencoba untuk menghentikan bersin, kita dapat mempengaruhi proses ini, terutama dengan menjepit hidung karena ini dapat mengarahkan aliran udara di tempat lain (dan berpotensi menyebabkan kita sakit parah).

BACA JUGA:  Ternyata Jeruk Bukan Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

3. Bersin juga bisa membantu melakukan dekongest.

Udara dikeluarkan melalui lubang hidung Anda sekitar 100 mph – dan karena lidah tidak menutup mulut sepenuhnya, beberapa orang mengeluarkan campuran ingus dan meludah dari sana juga. Setiap bersin memang dapat menghasilkan hingga 40.000 tetesan.

4. Bersin lebih dari sekali bisa menjadi pertanda baik.

Tidak jarang kita bersin lebih dari satu kali atau beberapa kali berturut-turut. Tubuh kita bekerja ekstra keras untuk menyingkirkan bakteri atau berbagai pemicu yang mengganggunya. Untuk itu jaga agar rantai berjalan dan tenang mengetahui tubuh kita benar-benar mengatur diri sendiri ya. | Iko Fazriyah

Komentar

Berita lainnya