oleh

Ternyata 10 Hal Sederhana Ini Bisa Selamatkan Bumi

Live Update COVID-19 Indonesia

1.528
Positif
136
Meninggal
81
Sembuh

Live Update COVID-19 Dunia

860.696
Positif
42.352
Meninggal
178.537
Sembuh

Sepertinya sah-sah saja jika awal tahun 2020 ini disebut bahwa dunia sedang darurat bencana. Bagaimana tidak, awal tahun baru kita sudah disambut dengan bencana banjir yang telah melanda Jakarta dan sekitarnyn, kebakaran di Australia dan issu perang dunia ke III. Tentunya semua itu telah menelan banyak korban yang tidak sedikit bahkan mencapai kerugian yang sangat besar, salahsatu penyebabnya adalah perubahan iklim yang terjadi saat ini. Perubahan iklim ini juga tidak terlepas oleh ulah manusia itu sendiri.

Jadi kita tidak perlu bertanya bagaimana perubahan iklim terjadi atau apakah manusia yang menyebabkannya? Tentu sebaliknya, kita hanya perlu bertanya: “apa yang bisa kita lakukan? Dengan menyelamatkan bumi ini?

Menyelamatkan bumi ini terdengar suatu hal yang besar bukan? Tetapi ternyata ada banyak upaya sederhana yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi menyelamatkan bumi, meskipun hal sederhana jika dilakukan oleh seluruh orang di dunia tentu akan berdampak besar bukan?

1. Gunakan Bola Lampu Hemat Energi
Penggunaan bola lampu atau yang biasa kita sebut lampu bohlam yang hemat energi ternyata dapat mengurangi jumlah daya yang kita gunakan, tidak hanya akan membantu bumi ini, tetapi juga akan menyelamatkan saldo rekening anda bukan, Karena terbilang harganya yang murah dan tahan lama.

2. Selalu Daur Ulang Kaca
Tahukah kamu bahwa kaca yang tidak dapat didaur ulang membutuhkan hingga satu juta tahun untuk terurai. Untuk itu pastikan selalu mendaur ulangnya, ini dapat mengurangi polusi air hingga lima puluh persen dan polusi udara hingga dua puluh persen.

3. Pilihlah Popok dengan Bijak
Jika memungkinkan,pilih popok kain, ini membantu lingkungan dan ramah terhadap kulit bayi tentunya. Jika kita sangat membutuhkan kenyamanan popok sekali pakai, gunakan merek yang ramah lingkungan. Rata-rata anak menggunakan anatara lima dan delapan ribu popok yang stara dengan 3,5 juta ton limbah TPA.

4. Gunakan Semua Kertas
Jika kamu menulis catatan diatas kertas, simpan dan gunakan sisa kertas itu untuk catatan kamu selanjutnya. Usahakan agar bisnis yang kita geluti mengurangi penggunaan kertas dan jangan lupa untuk mendaur ulangnya ya!

5. Jangan Membuang Koran
Pastikan untuk mendaur ulang surat kabar lama anda, bahkan jika kamu mendaur ulang hanya sekali seminggu, setengah juta pohon bisa diselamatkan.

6. Jangan Gunakan Kantong Plastik
Kantong plastik tidak dapat terurai secara hayati, juga tidak dapat didaur ulang. Mereka akan mengendap di tempat pembuangan sampah dimana mereka sering berakhir mencemari lautan dan menyusup ke sumber makanan. Gunakan tas berbahan kain yang lebih kuat dan dapat digunakan kembali sebagai kantong belanja anda.

7. Gunakan e-Tiket
Hidup di zaman yang serba canggih ini, tentu penggunaan dan pemanfaatan teknologi sangat gencar dilakukan. Salah satunya pemanfaat e-ticket yang akan menghemat pemborosan semua kertas.

8. Gunakan Serbet kain
Tanpa kita sadari, ternyata penggunaan tisu saat ini menjadi suatu kebutuhan, baik digunakan untuk penghapus make up maupun dapur. Padahal, penggunaan tisu yang berlebihan bisa berdampak pada pemanasan global yang cukup masih. Oleh karena itu ganti penggunaan tisu dengan serbet kain atau handuk kecil yang dapat digunakan berulang kali.

9. Bekerja dari Rumah
Jika memungkinkan, buatlah pengaturan terkait pekerjaan anda agar dapat bekerja dari rumah beberapa atau sepanjang waktu. Hal ini tentu saja dapat menghemat bahan bakar atau bensin yang akan kita gunakan untuk berkendara. Ditambah lagi akan mengurangi polusi udara dan menghemat ongkos tentunya.

10. Tanam Pohon Sendiri
Tentunya ada banyak manfaat dari menanam pohon di kebun. Baik untuk lingkungan, tanah dan udara. Dapat menaungi rumah kita dan mengurangi penggunan AC. Kita juga bisa jadikan tanam pohon sebagai acara tahunan yang dilakukan oleh setiap keluarga.

Jadi tunggu apalagi, lakukan hal-hal sederhana ini untuk membantu menyelamatkan bumi. Karena hal sederhana bisa membuat perbedaan jika dilakukan bersama-sama. | Iko Fazriyah

Komentar

Berita lainnya