oleh

Google Translate akan Luncurkan Transkrip Audio Secara Realtime

Google akan segera menambahkan fitur baru ke aplikasi Translate-nya untuk versi android yang menjadikan layanan ini lebih seperti layaknya penerjemah manusia.

Fitur transkripsi di Google translate dikatakan sangat mirip dengan yang ada di aplikasi Google Recorder, yang menerjemahkan audio kedalam teks secara nyata dan menyalinya. Google juga memberikan demo fitur transkripsi dari aplikasi translate. Demo ini menunjukan pengguna dapat menerjemahkan bahasa ke bahasa lain dalam waktu yang nyata atau secara real time. Itupun melakukanya dengan satu kalimat penuh bukanya kata demi kata.

Seperti yang dikutip Mashable, Google belum menawarkan demo penuh untuk fitur ini, tetapi dalam video yang ditampilkan di sebuah acara pers di San Francisco, selasa (28/1) transkripsi tampak hampir mulus seperti yang Anda lihat di aplikasi Google Recorder atau dengan Live Captions. Namun, alih-alih menyalin kata demi kata, aplikasi Translate mentranskripsikan potongan teks yang lebih kecil.

“Kami ingin mencapai tingkat kualitas sedemikian rupa sehingga sebanding dengan seseorang yang merupakan penutur asli yang benar-benar menerjemahkan sesuatu untuk Anda. Kami berharap untuk sampai di sana suatu hari,” kata manajer produk Google Nick Radicevic selama acara pers perusahaan.

Radicevic juga mencatat ada sejumlah faktor lain yang dapat memengaruhi kualitas transkripsi, termasuk mikrofon ponsel pengguna, atau bahkan ada tidaknya casing pada ponsel (karena case dapat mengganggu mikrofon pengguna). Selain itu, setiap bahasa memiliki nuansa tersendiri yang dapat menyulitkan terjemahan, meskipun ia mengatakan tujuannya adalah untuk menyediakan transkripsi untuk bahasa “semua utama” yang saat ini didukung oleh aplikasi Translate.

Tetapi bahkan dengan beberapa keterbatasan, transkripsi dapat membuka banyak kemungkinan baru untuk teknologi terjemahan Google. Sama seperti “Mode Juru Bahasa” Google Assistant sangat berguna untuk percakapan singkat, transkripsi dapat menawarkan bantuan dengan potongan audio yang lebih panjang yang mungkin tidak dapat diakses. | Iko Fazriyah

Komentar

Berita lainnya