Uji Coba Bus Listrik, Gratis Hingga 2 Januari!

Jakarta – Warga gratis mencoba Bus Listrik Transjakarta pada libur natal dan tahun baru di Monas. Terdapat 2 unit bus listrik yang tersedia di depan halte wara-wiri yang digunakan sebagai tempat naik turunnya penumpang.

Bus listrik ini dapat dicoba mulai tanggal 24 Desember 2019 – 2 Januari 2020. Bus lni tidak beroperasi jika banyak pengunjung yang datang ke Monas. Dikhawatirkan berbahaya jika dioperasikan karena bus ini tidak mengeluarkan suara.

Tidak dipungut biaya sejak libur natal 2019 sampai libur tahun baru 2020. Akan mulai beroperasi pada 2020 dengan rute koridor I Blok M-Kota dan koridor IV Ragunan-Dukuh Atas. Dua bus ini dapat dinikmati oleh para pengunjung pada saat memasuki area Monumen Nasional (Monas).

BACA JUGA:  Ada Dugaan Jual Beli Trayek B08 Cengkareng, FWJ Indonesia: KWK Pusat Harus Bertindak Cepat

Interior bus listrik transjakarta tidak beda jauh dengan bus transjakarta pada umumnya. Hanya saja bus ini tidak berbahan bakar bensin melainkan mengisi daya menggunakan listrik di tempat pemberhentian utama yaitu di daerah Cawang. Waktu yang diperlukan untuk mengisi daya bus listrik ini adalah empat jam agar nantinya dapat peroperasi penuh selama 17 jam.

BACA JUGA:  Kamis Pagi, 18 RT di Jaktim Masih Terendam Banjir

Para pengunjung merasa senang karena dapat merasakan uji coba bus listrik sebelum itu beroperasi dijalan. “Saya merasa sangat senang karena diadakannya pameran bus listrik karena saya jadi tahu kemana saja rute bus listrik ini kalau sudah beroperasi dijalan,” ujar Difya (18) salah satu pengunjung Monas (30/12/19).

“Mesin bus ini tidak mengeluarkan suara bising karena menggunakan listrik dan juga tidak menambah polusi udara, karena tidak berbahan bakar bensinu,” ucap Mutia (18) Senin (30/12/19)

BACA JUGA:  Rp22 Miliar untuk Perbaikan Rumah Dinas Gubernur DKI, Ini Kata Heru Budi

“Pameran ini juga sangat memberi informasi kepada masyarakat yang datang untuk mengetahui apa saja yang terdapat di bus listrik ini. Membuat masyarakat merasakan terlebih dahulu sebelum diresmikan sebagai transportasi umum di Jakarta,” ujar Mutia (18). (Audi Raihanah)