oleh

Perilaku Impulsif Remaja Terhadap Narkoba

Narkoba adalah obat,bahan, atau zat-zat yang jika diminum,dihisap,disuntik yang berpengaruh terhadap pada kerja otak dan pada umumnya narkoba menyebabkan ketergantungan terhadap para pemakainya. Jaman sekarang ini banyak sekali anak-anak millenials menggunakan obat-obatan seperti narkoba ini dengan seenaknya tidak mengetahui takaran dan dosis-dosisnya serta dampak tersebut atau biasanya digunakan untuk menjadi obat penenang atau menjadi paracetamol nya remeja untuk menghilangkan mereka dari stres.

Banyak remaja menggunakan narkoba dikarena kan ada dorongan impulsif. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku impulsif ini adalah faktor lingkungan, faktor orang tua, dan faktor pribadi. Faktor lingkungan itu contohnya seperti pergaulan dengan teman-teman buruk dan teman tersebut memaksa untuk kita mengikuti hal-hal yang buruk apabila tidak mengikutinya akan di bilang tidak keren atau tidak gaul.

BACA JUGA:  Strategi UMKM di Era New Normal

Faktor orang tua pun yaitu sepertinya broken home atau bisa jadi mengenai ekonominya tersebut, dan yang terakhir faktor pribadi itu bisa dijelaskan dengan adanya gangguan dengan mental, stress, dan rasa ingin tahu yang dalam.

Perilaku kompulsif itu adalah suatu perasaan cemas yang dimana pikiran kita dipenuhi dengan pikiran yang tidak dapat dikendalikan oleh diri sendiri dan dipaksa oleh pikiran kita untuk melakukan tindakan tersebut terus-menerus.

Contohnya itu seperti seseorang mungkin sedang merasakan kompulsi untuk menggunakan narkoba terus-menerus dengan mengulang-ulang perilaku tersebut orang ini akan merasa kecemasannya itu akan berkurang dengan tersendirinya. Wanita atau pria pun bisa kena dengan masalah mental health ini.

BACA JUGA:  Iuran BPJS Kesehatan Naik Di Tengah Pandemi, Bukti Pemerintah Abai Memahami Kemerosotan Keuangan Masyarakat

Adapun ciri-ciri dari perilaku kompulsif tersebut, yaitu mudahnya terpengaruh dengan hal yang tidak penting atau hal yang buruk, mudah nya terjebak dalam pikiran sendiri, tidak mudah mengontrol emosi. Ciri-ciri tersebutlah yang terkadang membuat remaja jaman sekarang lebih baik mengambil jalan pintas dengan menggunakan narkoba agar mental health yang meraka rasakan ini hilang untuk beberapa saat, tetapi narkoba itu pun tidak berjangka panjang itulah yang menyebabkan anak-anak jaman sekarang ini lah menjadi kecanduan dan tidak bisa berhenti.

Indonesia saat ini makin merajalela yang menggunakan narkoba, seperti yang dikutip dari survei BNN sudah menunjukkan 2,3 juta pelajar atau mahasiswa. Di Indonesia ini adalah masalah yang serius pelajar atau mahasiswa itu penerus bangsa kita ini, bagaimana mau jadi penerus bangsa tetapi malah mempunyai perilaku yang tidak baik, bahkan cucu-cucu kita juga akan terancam dengan kebiasaan yang sekarang sudah marak terjadi, apabila hal ini tidak diatasi Indonesia pun akan menjadi buruk juga.

BACA JUGA:  Zakat VS Investasi

Kalau bukan mulai dari diri sendiri untuk memperbaiki mental kita mau siapa lagi? Buatlah nama bangsa Indonesia kita ini menjadi harum dan baik.

| Cindy Lesmana
Mahasiswa London School of Public Relations Jakarta.

Komentar

Berita lainnya