oleh

Beda Belajar ala Kids Zaman Old dan Kids Zaman Now

Live Update COVID-19 Indonesia

2.956
Positif
240
Meninggal
222
Sembuh

Live Update COVID-19 Dunia

1.450.249
Positif
83.476
Meninggal
309.358
Sembuh

Mungkin sebagian dari kita pernah belajar tanpa adanya alat canggih. Atau di zaman saat ayah dan ibu kita masih menjadi pelajar. Saat itu belum ada alat canggih yang digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran.

Misalnya dulu ketika seseorang ingin mengetik surat, dia harus duduk didepan mesin ketik atau komputer yang tidak bisa diubah posisinya atau tidak bisa dibawa kemana-mana. Tapi di zaman sekarang sudah banyak sekali alat-alat modern yang mempermudah pekerjaan kita, salah satunya dalam belajar. Seperti laptop yang bisa dibawa kemana-mana dan tidak butuh tempat yang luas.

Nah, berikut perbedaan belajar pelajar zaman old vs zaman now dan dimanakah zaman anda saat belajar?

Cara belajar

Mereka pelajar zaman dulu lebih sering mencatat apa saja yang disampaikan oleh guru. Bahkan pusat perhatian mereka saja tertuju pada guru tersebut, sebab bagi mereka informasi terbesar yang didapat yaitu dari bapak atau ibu guru.

BACA JUGA:  Pesan Untuk Pekerja yang Di-PHK Atau Dirumahkan Akibat Virus Corona

Sedangkan pelajar zaman now, sedikit dari mereka yang yang mencatat materi. Jika guru menjelaskan didepan kelas mereka lebih suka merekam suara atau membuat video penjelasan dari guru tersebut. Dan banyak dari mereka juga yang mengambil potret dari tulisan guru dipapan tulis.

Media belajar yang tersedia

Zaman dulu informasi yang didapat oleh para pelajar hanya dari penyampaian sang guru, buku-buku, serta media cetak yang ada. Dan alat bantu belajar yang mereka gunakan juga masih banyak menggunakan buku tulis serta pensil atau pena.

Sedangkan zaman sekarang, teknologi telah menyediakan begitu banyak jalur agar semua orang bisa mengakses segala aktivitas dengan cepat dan efektif, salah satunya dalam belajar. Banyak dari mereka yang mengambil informasi dengan menggunakan internet. Dan sedikit pula saat belajar mereka menggunakan buku tulis, tapi dengan menggunakan laptop.

BACA JUGA:  Hikmah di Balik ‘Stay at Home’

Tempat

Zaman dulu, orang belajar harus pada tempat yang sudah tersedia segala alat bantu dalam proses pembelajaran, seperti meja, bangku, papan tulis dan lain sebagainya. Sedangkan zaman sekarang, karena akses ilmu yang mudah di dapat jadi setiap orang belajar dan memperoleh ilmu dimana saja tidak harus memerlukan tempat khusus. Karena dengan alat teknologi yang tersedia sekarang, membuat para pelajar mudah dalam memperoleh materi apa saja dalam belajar.

Untuk mencapai nilai

Zaman dulu, agar dapat mencapai nilai yang baik, para pelajar harus melalui banyak tugas dan ulangan, walaupun dizaman sekarang juga masih terdapat tugas dan ulangan. Namun dulu tugas yang diberikan lebih banyak bersifat individu, sehingga yang dapat menentukan baik atau buruknya nilai yang dicapai tersebut tergantung dari usaha individual dalam menyelesaikan tugas dan ulangannya.

BACA JUGA:  Pemerintah Tak Tanggap Hadapi Pademi Covid-19

Sedangkan di zaman sekarang ini, para pelajar jarang diberikan tugas individu, mereka lebih sering diarahkan untuk belajar kelompok dan berdiskusi. Mereka dituntut untuk berdiskusi kemudian menyampaikan kembali hasil diskusi kepada pengajar dan teman-temannya.Dan dizaman sekarang ulangan sudah berkurang.

Nah, itulah perbedaan belajar zaman dulu vs zaman now. Ingat ya teman-teman ini hanya dilihat dari beberapa sisi dan kondisi. Bukan berarti dengan perbedaan tersebut generasi zaman dulu lebih unggul atau sebaliknya. Semua membutuhkan usaha masing-masing. Nah usaha yang baik itu datang dari diri kita sendiri. Semoga dengan perbedaan tersebut membuat kita termotivasi agar terus semangat belajar dalam kondisi apapun.

 

Khaerunisah
Mahasiswi STEI SEBI

Komentar

Berita lainnya