oleh

Siap-siap Ponsel Anda Kehilangan WhatsApp!

WhatsApp akan segera berhenti bekerja pada jutaan ponsel setelah aplikasi pesan mengumumkan akan berhenti mendukung perangkat yang lebih lama.

Perusahaan milik Facebook itu mengungkapkan pada halaman dukungannya di mana beberapa jenis smartphone tidak akan lagi dapat mengakses aplikasi tersebut, yang mana langkah itu diperlukan untuk memastikan keamanan penggunanya.

Berbagai versi Android, iPhone dan Windows Phone terpengaruh, dengan periode dukungan resmi berakhir pada 1 Februari 2020.

WhatsApp tidak akan lagi berfungsi pada iPhone mana pun yang menjalankan iOS 8 atau sebelumnya, yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada 2014. Ini berarti siapa pun yang menggunakan iPhone 6 atau lebih baru tidak perlu khawatir kehilangan WhatsApp.

“Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan anda menggunakan versi terbaru iOS yang tersedia untuk ponsel Anda,” kata WhatsApp dalam posting blog.

Ponsel Android yang menggunakan versi lebih lama dari 2.3.3 – juga dikenal sebagai Gingerbread – juga tidak akan lagi didukung dan siapa pun yang mencoba membuat akun baru atau memverifikasi akun yang ada menggunakan Android lama akan diblokir.

Android Gingerbread keluar pada 2010, sehingga hampir satu dekade smartphone Samsung, Huawei, Sony dan Google aman dari pemusnahan ini.

Windows Phones yang menjalankan sistem operasi seluler Windows Phone 8.1 atau lebih tinggi akan terus didukung oleh WhatsApp.

Setiap pengguna WhatsApp yang terpengaruh secara teori dapat memperbarui OS mereka untuk terus menggunakan WhatsApp, namun banyak model ponsel lama akan mengalami kesulitan menjalankan sistem operasi yang lebih baru, atau tidak akan membiarkan mereka menginstalnya.

Ini bukan pertama kalinya WhatsApp mengakhiri dukungan untuk ponsel yang lebih tua dan sebelumnya menggambarkannya sebagai “keputusan sulit” untuk memangkas pengguna demi keamanan dan fungsionalitas. (Fajar Tri Akbar)

Komentar

Berita lainnya