oleh

Mengapa Perusahaan Perlu Teknologi Cloud Computing?

Live Update COVID-19 Indonesia

1.155
Positif
102
Meninggal
59
Sembuh

Live Update COVID-19 Dunia

662.737
Positif
30.847
Meninggal
141.951
Sembuh

Belakangan ini, cloud computing banyak diobrolin di dunia Teknologi Informasi (TI). Hampir setiap hari ada saja info perkembangannya. Baik Secara teknologi maupun aspek bisnis. Biar nggak gaptek, penting nih harus tau seputar Cloud Computing. Apa saja kelebihan layanan komputasi awan ini?

Definisi Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metafora dari internet. Secara sederhana Cloud Computing dapat Anda bayangkan seperti sebuah jaringan listrik. Jika anda membutuhkan listrik tak perlu memiliki pembangkit listrik sendiri. Anda hanya membutuhkan saklar lalu pasang ke sumber listrik yang disediakan PLN. Lalu, lampu rumah pun akan menyala. Pembayaran pun dilakukan bulanan sesuai pemakaian.

Jika ada perusahaan yang membutuhkan aplikasi CRM (Customer Relationship Management), tidak perlu lagi membeli aplikasi CRM yang harganya lumayan, membeli server, atau tim TI khusus menjaga server dan aplikasi. Cukup sewa layanan Cloud Computing yang menyediakan aplikasi CRM seperti Microsoft untuk perusahaannya. Dan Pembayarannya per bulan atau per tahun tergantung kontrak sesuai pemakaian. Tidak ada lagi investasi di awal yang harus dilakukan.

BACA JUGA:  Fitur Periksa Risiko Covid-19 Gratis Ada di Aplikasi Ini

Cloud Computing memiliki 5 kelebihan. Pertama, Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya, Menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat, Membuat operasional dan menejemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah, Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ringkas, dan yang terakhir Menghemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin di tingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun. (Keenan Jaki Kahardian)

Komentar

Berita lainnya