oleh

Mengambil Hikmah dari Seekor Nyamuk

Live Update COVID-19 Indonesia

1.155
Positif
102
Meninggal
59
Sembuh

Live Update COVID-19 Dunia

662.737
Positif
30.847
Meninggal
141.951
Sembuh

Biasanya pada malam hari saat kita mendengar dengungan nyamuk di sekitar telinga kita, apa yang anda rasakan ? jengkel bukan. Di saat anda tengah asyik berpiknik ria di hutan lalu mendengar suara dengungan nyamuk di sekitar tubuh kita apa yang anda rasakan? Pasti sangatlah menyebalkan. Dan lagi saat anda tengah bersantai ria, bermain gadget lalu anda merasa gatal dan perih ditangan dan ternyata di sana ada nyamuk yang tengah menghisap darah anda, dapat dipastikan anda akan segera mengangkat tangan untuk membunuhnya agar tidak ada lagi yang mengganggu.

Tapi, pernahkah anda berpikir, untuk apa ada nyamuk? Bukankah nyamuk hanyalah seekor hewan menyebalkan yang hanya mampu menghisap darah dan menyakiti kita. Kenapa nyamuk diciptakan kalau ia hanyalah hewan kecil tidak berguna dan merepotkan? Apakah ada dari anda yang pernah berpikir sejauh itu? Atau anda hanya berpikir bahwa nyamuk hanya di ciptakan secara cuma-cuma?.

Nyamuk atau hewan animalia yang berasal dari family culicidae ini pada dasarnya memiliki berbagai fakta menarik, diantaranya :

  • Nyamuk adalah salah satu hewan tampa gigi, nyamuk adalah hewan yang makan menggunakan sebuah jarum yang bernama proboscis yang berguna sebagai alat hisap darah.
  • Nyamuk hanya menghisap darah manusia sampai perut kecilnya penuh, yang pada kenyataan darah yang di hisappun tidak lebih dari 0,001-0,1 mililiter
  • Nyamuk memiliki usia yang relative pendek, hanya sekitar 7 hari untuk jantan dan 2 minggu- 1 bulan saja untuk betinanya, itupun di potong dengan usia hibernasinya.
  • Nyamuk memiliki kecepatan terbang sekitar 1- 1,5 mil perjam denan kecepatan 600 kepakan perdetik yang menyebabkan terdengarnya bunyi dengunan.
  • Obyek sasaran nyamuk itu berbeda beda, kadang kita mungkin berfikir kenapa hanya kita yang di gigiti nyamuk, sebenarnya itu karna perbedaan suhu dan kondisi dari seseorang yang di jadikan saran oleh nyamuk tersebut
BACA JUGA:  Kekuasaan Allah Sangat Istimewa

Setelah mengetahui berbagai fakta menarik tentang nyamuk, lalu sekarang masih ada satu pertanyaan, kenapa nyamuk di ciptakan? Bahkan dalam Islam Allah S.W.T. sampai menyebut menyebutnya dalam firman-Nya dalam surah al baqarah yang artinya”Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?”. Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,” Surah Al-Baqarah Ayat 26.

BACA JUGA:  Kekuasaan Allah Sangat Istimewa

Nyamuk adalah salah satu hewan yang di ciptakan allah sebagai bukti kebenaran dan kebesaran-NYA, yang dari sanalah bisa di lihat bahwa orang orang yang benar benar beriman pasti akan mengimani dan selalu berusaha untuk mengambil hikmah dari apa yang allah ciptakan, diantaranya adalah penciptaan nyamuk. Allah tidak mungkin menciptakan segala sesuatu melainkan memiliki hikmah, yang diantaranya hikmah diciptakannya nyamuk adalah :.

1. Larva nyamuk menghasilkan zat Nitrogen yang bermanfaat bagi ekosistem tanaman.

2. Membantu proses penyerbukan tanaman cokelat. Hilangnya spesies nyamuk akan menghambat penyebaran dan penyerbukan cokelat secara alami.

3. Membantu menyebarkan bakteri Patogen.

4. Sebagai rantai makanan spesies lain seperti kodok, cicak, bahkan ikan-ikan kecil seterusnya hingga ikan besar yang rasanya nikmat untuk disantap manusia.

5. Sebagai indikator dini berbagai permasalahan kesehatan manusia. Nyamuk mampu mendeteksi perubahan suhu hingga derajat yang sangat kecil, dan mendeteksi menyedot darah yang berbau asam (asam laktat, asam urat) serta yang berbau kolesterol.

BACA JUGA:  Kekuasaan Allah Sangat Istimewa

6. Dapat menghisap darah kotor yang merugikan dalam tubuh kita dan tubuh kita secara otomatis akan memproduksi darah baru lengkap dengan hemoglobin yang berkurang tadi.

7. Dapat menusuk ujung-ujung saraf yang terletak di bawah kulit kita yang berfungsi sebagai pemicu kesehatan tubuh.

8. Terciptanya perusahaan-perusahaan raksasa yang memproduksi jenis-jenis obat nyamuk seperti obat nyamuk bakar, gel, lotion, semprot, elektronik, bahkan sampai penangkal berupa pabrik yang memproduksi kelambu.

9. Terciptanya lapangan pekerjaan penghasil rezeki dan mampu mengurangi pengangguran jutaan orang melalui pabrik obat nyamuk, petugas-petugas penyemprot nyamuk, hingga dokter-dokter, perawat, yang mengobati korban gigitan nyamuk.

10. Mempertebal keimanan pada ke-Agungan Allah dan hinanya manusia agar tidak berlaku sombong, karena sampai kapanpun manusia tidak akan pernah bisa menciptakan mahluk seperti seekor nyamuk, sekalipun seluruh manusia bersatu untuk membuatnya, dan sebagainya.

Setelah sekian banyak bukti tentang hikmah yang allah berikan dari nyamuk, maka kita perlu segera berbenah diri agar bisa menjadi muslim sejati yang selalu berusaha untuk mengambil hikmah dari segala ciptaan Allah dan juga berusaha agar bisa member manfaat bagi setiap orang di sekitar kita.

Ditulis oleh : Alvin ulandari

Komentar

Berita lainnya