oleh

Kenali Gejala Komputer Terkena Virus

Tampilan blue screen adalah salah satu gejala adanya penyusup sejenis virus yang bersarang di komputer kita. virus komputer memang bikin kita kesal. Program komputer ini punya kemampuan menggandakan, menyebarkan, menyembunyikan dirinya lalu menginfeksi program lainnya. Tak terbayang jika yang diinfeksikan program penting dan vital seperti file-file windows.

Asal mulanya, virus muncul pertama kali berbarengan dengan awal terciptanya komputer. Tahun 1949, John Von Newman, pecipta Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) memaparkan dalam makalahnya tentang kehadiran sebuah program yang bisa menyebar sendiri. Lalu Tahun 1980, Fred Cohen, seorang peneliti dan asisten profesor di Universitas Cicinati, Ohio, memaparkan adanya perang virus secara terbuka. Dia mendemontrasikan virus ciptaannya yang menyebar dengan cepat pada komputer yang terhubung. Inilah cikal bakal penularan virus antar komputer di seluruh dunia.Oleh karenanya kenali gejalanya, penting untuk kita yang sering memakai komputer berikut diantaranya.

Booting Windows lambat. Biasanya virus bersarang dalam program startup (program yang secara otomatis akan aktif bersamaan sistem operasi windows). Sehingga windows yang sedang loading akan menjalankan virus saat booting.

Komputer berkerja lambat. Virus yang sedang menyerang akan menghabiskan memory atau kapasitas harddisk. Sehingga komputer akan kekurangan memory untuk melakukan proses secara normal.

Muncul File yang menyerupai folder yang sudah ada. Ada virus yang menyamar menjadi ikon folder dengan ekstensi yang berbeda jika dilihat dengan windows explorer.

Tidak dapat menampilkan taks manager. Virus berusaha memblok task manager yang ditampilkan dengan menekan Ctrl+Alt+Del agar proses yang dijalankan tidak dapat diketahui lalu dihentikan.

Itulah gejala- gejala saat virus bersarang di komputer kita. Oleh karena itu mem-backup data merupakan langkah yang penting untuk mengamankan data dari serangan virus semacam ini. (Keenan)

Komentar

Berita lainnya