oleh

FKM UI Kembangkan Database Online K3 UMKM

Dosen dan kelompok mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) FKM UI melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis teknologi dengan membuat database online terkait K3 yang memuat data keluhan kesehatan pekerja. Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertempat di Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor ini bertujuan untuk memetakan keluhan kesehatan yang diderita oleh para pekerja UMKM Desa Sukahati. Data pemetaan tersebut dapat digunakan untuk melakukan intervensi kesehatan kerja di UMKM.

Tim Pengmas K3 FKM UI melakukan survei ke pekerja UMKM Desa Sukahati dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi terkait keluhan kesehatan yang dialami pekerja. Data yang diperoleh dari survei ini yang kemudian diunggah ke wadah database online. Kedatangan Tim Pengmas K3 FKM UI ini disambut dengan baik oleh pihak desa dan pihak forum UMKM, karena database online terkait K3 ini belum ada di desa tersebut.

Survei yang dilaksanakan pada semester kedua tahun 2019 ini berhasil mengidentifikasi keluhan kesehatan yang diderita pekerja UMKM di Desa Sukahati beserta beberapa faktor risiko yang kemungkinan bisa menjadi penyebabnya. Hasil survei menunjukkan bahwa seluruh responden mengaku pernah mengalami 3 keluhan kesehatan kerja tertinggi yaitu pegal-pegal, sakit pinggang, dan sakit punggung.

BACA JUGA:  UBSI Bekali Mahasiswa Menjadi Akuntan Professional di Tahun 2022

Dalam hal pembinaan kesehatan, hanya 7 dari 89 responden yang mengaku mendapat pembinaan dari Puskesmas, sementara itu hanya 2 responden yang mengaku mendapat pembinaan dari Dinas Kesehatan setempat. Selain itu, beberapa faktor risiko penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja juga teridentifikasi antara lain: waktu kerja yang berlebih, kurangnya kesadaran dan komitmen akan K3, dan desain tempat kerja yang kurang ergonomis.

BACA JUGA:  UBSI Bekali Mahasiswa Menjadi Akuntan Professional di Tahun 2022

Database online yang dikembangkan Tim Pengmas K3 FKM UI ini bisa diakses melalui website siumkm.id. Website ini menghimpun data informasi UMKM dan K3, salah satunya data keluhan kesehatan pekerja. Database tersebut dapat digunakan untuk membuat pemetaan risiko keluhan kesehatan yang dialami oleh pekerja UMKM di Desa Sukahati. Database tersebut juga dapat diintegrasikan dengan pemangku kepentingan (stakeholder) seperti Forum UMKM, Puskesmas, Unit Kesehatan Kerja, dan Dinas Kesehatan setempat untuk menangani keluhan kesehatan yang dialami pekerja UMKM. Data tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan surveilans kesehatan, maupun membuat program-program K3 yang relevan di UMKM. Website siumkm.id ini dapat menjadi solusi yang membawa kemudahan untuk mengatasi permasalahan K3 di UMKM Desa Sukahati.

BACA JUGA:  UBSI Bekali Mahasiswa Menjadi Akuntan Professional di Tahun 2022

Website ini diharapkan dapat terus bertahan dan bisa diaplikasikan di semua UMKM yang ada di Indonesia. Dengan begitu, pemerintah dan kalangan pekerja UMKM dapat lebih mudah melakukan pengelolaan K3 secara komprehensif guna menciptakan lingkungan kerja UMKM yang sehat, selamat, dan produktif agar mampu mendorong perekonomian di Indonesia.

Komentar

Berita lainnya