oleh

BPPT Pantau Perkembangan Teknologi Smart City Depok

“Kami ingin melihat kemajuan teknologi yang sudah diaplikasikan Depok tetapi belum ada di kami”

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memiliki teknologi smart city yang bahkan sudah dinobatkan sebagai 100 kota percontohan smart city di Indonesia. Hal tersebut membuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan kunjungan ke Depok City Operation Room (DeCOR), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk mempelajari teknologi tersebut.

Menurut Perekayasa Madya Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT, Heri Sadmono, kunjungan mereka ini untuk melihat secara langsung pengembangan tekologi yang diimplementasikan Pemkot Depok, khususnya dalam kerangka Smart City. Sebab, pihaknya juga tengah membangun operation room.

“Karena itu, kami ingin melihat kemajuan teknologi yang sudah diaplikasikan Depok tetapi belum ada di kami,” ujar Heri di sela-sela kunjungan ke Ruangan DeCOR, Balai Kota Depok Lantai 5, belum lama ini.

Dirinya menilai apa yang sudah ada di DeCOR sudah bagus dengan perangkat teknologi yang lengkap. Namun memang masih diperlukan penambahan substansi, sehingga manfaat yang diperoleh untuk masyarakat akan lebih optimal lagi.

Di tempat yang sama, Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, Pemkot Depok sudah miliki Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 maupun119 yang dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes). Selain itu, sambungnya, ada pula aplikasi yang memudah masyarakat untuk pengendalian keluhan dan pelayanan masyarakat melalui Sistem Integrasi untuk Aspirasi dan Pengaduan (Sigap).

“Kita juga punya dashboard yang merupakan hasil integrase data yang sudah dimiliki ke data warehouse. Itu sangat penting dan setelah dianalisis bisa menjadi Decision Support System (DSS) bagi pimpinan,” jelasnya.

Selama ini, kata Sidik, Diskominfo Depok sudah berkomunikasi aktif dengan BPPT. Seperti dalam hal alih teknologi yang akan bisa diadopsi dan diimplentasikan di Kota Depok.

Komentar

Berita lainnya