oleh

Yahoo Jepang dan Line Diperkirakan Akan Bergabung

-Tekno-322 views

Menurut Nikkei, aplikasi perpesanan Line dan Yahoo Jepang akan bergabung dan membentuk perusahaan teknologi tunggal. Terlepas dari namanya, Yahoo Jepang saat ini 100% dimiliki oleh Z Holdings, sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan telekomunikasi Jepang SoftBank (Yahoo Jepang tidak terkait dengan perusahaan induk TechCrunch, Verizon Media). Line Corporation dimiliki oleh Naver Corporation, raksasa internet Korea Selatan.

Kedua perusahaan masih membahas ketentuan kesepakatan menurut Nikkei. Tapi bisa dibayangkan bagaimana Z Holdings menjadi perusahaan patungan 50-50 antara SoftBank dan Naver, dengan Z Holdings memiliki Yahoo Jepang dan Line.

Line mengoperasikan salah satu aplikasi perpesanan paling populer di Jepang. Selain perpesanan, perusahaan mengoperasikan Line Pay, Line Taxi, dan layanan lainnya. Namun persaingan sangatlah sengit di bisnis aplikasi pesan singkat.

BACA JUGA:  Instagram Akhirnya Tetapkan Batas Usia Pengguna

Yahoo Jepang pada awalnya dibentuk oleh Yahoo dan SoftBank pada akhir 1990-an. Ketika Verizon mengakuisisi Yahoo pada tahun 2017, Verizon tidak mengakuisisi saham Yahoo di Alibaba dan Yahoo Jepang. Yahoo menciptakan perusahaan baru bernama Altaba untuk memegang saham-saham itu.

Altaba pertama kali menjual sahamnya di Yahoo Jepang. Pada bulan Juli 2018, SoftBank mengakuisisi sebagian saham Altaba di Yahoo Jepang untuk meningkatkan kepemilikannya atas Yahoo Jepang. Altaba kemudian menjual sisa saham Yahoo Jepang, saham Alibaba dan tak lama kemudian ditutup. Pada tahun 2019, SoftBank menerima saham tambahan untuk menjadi perusahaan induk Yahoo Jepang.

BACA JUGA:  Kesederhanaan dalam YouTube Rewind 2019

Yahoo Jepang adalah nama usaha dan konglomerat internet besar di Jepang. Perusahaan ini memiliki bisnis periklanan online, bisnis e-commerce, layanan keuangan dan banyak lagi. Yahoo Jepang dan Line mungkin berharap untuk menjangkau lebih banyak pengguna dan meningkatkan keterlibatan dengan melakukan merger.

Pernyataan Z Holdings yang diberikan kepada techcrunch mengatakan, “Ada beberapa laporan media yang dibuat oleh Nikkei dan sumber media lainnya sejak kemarin malam mengenai merger Z Holdings Corporation dan LINE Corporation. Meskipun benar bahwa merger sedang dipertimbangkan, belum ada keputusan formal yang dibuat. Jika kita membuat keputusan apa pun yang perlu diungkapkan kedepannya, pengumumannya akan segera dibuat.”

BACA JUGA:  WhatsApp Hadirkan Fitur Panggilan Tunggu di Android

Sedangkan Line Corporation menyatakan kepada techcrunch bahwa, “Sejak 13 November 2019, Nikkei dan media lainnya melaporkan merger antara LINE Corporation dan Z Holdings Corporation. Ini bukan pengumuman resmi oleh LINE Corporation. LINE Corporation terus-menerus mengevaluasi berbagai peluang untuk meningkatkan nilai perusahaan termasuk merger tersebut, namun tidak ada keputusan yang dibuat mengenai laporan tersebut. Jika ada fakta yang perlu diungkapkan, LINE Corporation akan membuat pernyataan yang sesuai.” (Fajar Tri Akbar)

Komentar

Berita lainnya