oleh

WhatsApp Terapkan Pengaturan Privasi Baru Fitur Grup

-Tekno-91 views

WhatsApp, aplikasi perpesanan populer milik Facebook, telah menghadapi banyak kontroversi mengenai peran yang dimainkan oleh grup di dalam platform tersebut – baik untuk peran grup dalam menyebarkan spam, informasi yang salah atau lebih buruk, dan fakta bahwa itu bisa sangat sulit (sebenarnya tidak mungkin) untuk mengontrol ketika anda ditambahkan kecuali dengan memblokir kontak tertentu sama sekali.

Sekarang, tampaknya perusahaan akhirnya mulai membuat beberapa langkah untuk mengubah ini. Pada 6 November, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan mulai meluncurkan pembaruan secara global sehingga individu dapat memblokir sebagian atau semua orang agar mereka tidak menambahkannya ke grup.

Sesuai dengan pembaruan yang harus segera anda lakukan, anda sekarang dapat bernavigasi ke pengaturan privasi di aplikasi untuk memilih siapa (jika ada kontak) yang dapat menambahkan anda ke grup secara otomatis. Jika anda memilih sesuatu selain “semua orang (everyone)” yang diaktifkan untuk menambahkan anda ke grup, anda akan mendapatkan pemberitahuan yang menanyakan apakah anda ingin bergabung terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Game Esports Terbaru, Call Of Duty Saingi PUBG Mobile

Perlu diketahui fitur ini masih mengharuskan pengguna untuk secara proaktif bernavigasi ke pengaturan mereka untuk menyalakannya. Fitur ini tidak diaktifkan secara default. Anda juga masih tidak dapat memblokir seluruh grup.

Jadi apa yang terjadi selanjutnya? Mudah-mudahan, WhatsApp akan membuat satu perubahan lebih lanjut, dan itu adalah mengatur grup ke pengaturan dengan izin saja secara default.

BACA JUGA:  Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai IoT

Jika anda harus menggali pengaturan untuk mengubah tindakan jika ditambahkan ke dalam sebuah grup, hal ini sama seperti dengan pengaturan privasi Facebook, dan ini pada dasarnya berarti bahwa banyak orang akan kehilangan kemampuan untuk menetapkan batas mereka sendiri.

Menambahkan kontrol yang lebih baik untuk grup mungkin tidak terdengar seperti fitur besar bagi anda sampai anda berada di dalam sebuah grup yang isinya sangat kacau.

Pada yang paling ringan atau paling tidak berbahaya, anda ditambahkan oleh kontak kerja ke obrolan bisnis yang mengganggu, atau kelompok orang yang terlalu cerewet bergabung dalam minat tertentu. Hal itu merupakan sebuah gangguan, walau bukan akhir dari dunia.

BACA JUGA:  Microsoft Edge Miliki Logo Baru untuk Lupakan Internet Explorer

Tetapi pada saat terburuk, orang-orang dapat dilecehkan, berita palsu dapat disebarkan, dan anda mungkin akan tersinggung dengan satu atau dua gambar yang ofensif, mengejutkan, dan mengganggu. Mengingat bahwa aplikasi ini digunakan oleh anak di bawah umur, orang-orang rentan lainnya, dan miliaran orang lain. Grup di WhatsApp memerlukan kontrol dasar yang lebih baik, agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang bukan hanya bagi mereka yang membaca daftar pembaruan aplikasi, atau blog teknologi. (Fajar Tri Akbar)

Komentar

Berita lainnya