oleh

Ternyata Asap Obat Nyamuk Bakar Lebih Bahaya dari Asap Rokok

Saat tidur, tentunya kita menginginkan tidur yang nyaman. Karena dari tidur yang nyaman tersebut akan menghasilkan tidur yang berkualitas. Musuh utama kenyamanan kita saat tertidur ialah nyamuk. Banyak cara yang biasa kita gunakan untuk menghalau gigitan nyamuk, yaitu dengan mengoleskan lotion anti nyamuk, obat nyamuk elektrik hingga obat nyamuk bakar, tapi tahukah anda bahwa obat nyamuk bakar dapat membahayakan kesehatan tubuh?

BACA JUGA:  Ternyata Bersin Sangat Baik untuk Kesehatan

Bahaya asap obat nyamuk bakar dinilai sama dengan asap pembakaran 50-130 batang rokok. Hal tersebut di ungkapkan oleh The US National Institute of Health, bahwa bahaya partikel-partikel kecil dan bahan karsinogenik pada asap pembakaran satu keping obat nyamuk bakar sama dengan asap pembakaran 50-130 batang rokok.

Selain itu, pada satu obat nyamuk bakar dapat menghasilkan zat formaldehida (formalin) yang sama jumlahnya dengan 51 batang rokok. Udara yang tercemar kandungan formaldehida sejumlah 0.1 ppm mampu menyebabkan batuk, mual, sakit tenggorokan mata berair dan iritasio kulit. Sedangkan pada satu obat nyamuk bakar dapat mencemar udara dengan kandungan formaldehida sejumlah 0,5 hinggga 7,5 mg perjam yang jika dibandingkan 1 mg/m3 = 0,801 ppm.

BACA JUGA:  Segera Konsumsi, 8 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak dan Daya Ingat.

Formaldehida juga mampu mengiritasi saluran pernapasan yang tentunya sangat sensitif bagi orang yang menderita gangguan saluran pernapasan seperti asma dan bronkitis. Bahkan, paparan formaldehida dalam jangan panjang dicurigai dapat menyebabkan berbagai jenis kanker.

Sebisa mungkin hindari pemakaian obat nyamuk bakar, terlebih di tempat tertutup. Jika terpaksa, gunakan obat nyamuk bakar di ruang terbuka atau didalam ruangan yang berventilasi cukup. Hal ini bertujuan untuk terjadinya sirukulasi udara dan asap obat nyamuk bakar tidak mengendap. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya