oleh

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai IoT

-Tekno-228 views

Meningkatnya pemerataan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari berarti bahwa dunia di sekitar kita juga semakin pintar.

Perangkat digital tidak hanya di saku atau kantor kita, tetapi semakin banyak di rumah, gedung, dan banyak tempat dan kota kita. Mengambil peran kunci dalam membantu mengumpulkan, menganalisis, dan memantau data dan informasi tentang lingkungan kita, perangkat ini dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan besar saling tersambung yang dikenal sebagai ‘Internet of Things’.

Biasanya disingkat menjadi IoT, kumpulan ini memungkinkan perangkat untuk terhubung dan berbicara satu sama lain dan juga kepada kita, mengantarkan banyak sekali data dan analisis mendalam yang diharapkan akan meningkatkan dunia di sekitar kita.

BACA JUGA:  Logo Baru Facebook, Integrasikan Instagram dan WhatsApp?

Meski sebagian besar perangkatnya masih dikembangkan, IoT siap untuk merevolusi cara kita menjalani hidup, dengan para ahli memperkirakan hal itu akan memiliki dampak teknologi terbesar sejak komputasi awan (cloud computing).

Banyak konsumen sudah menikmati manfaat dari IoT, seperti popularnya produk rumah yang terhubung dengan speaker pintar Amazon Echo dan Nest Thermostat dari Google menjadi pemandangan umum di gedung-gedung seluruh dunia.

BACA JUGA:  Game Esports Terbaru, Call Of Duty Saingi PUBG Mobile

Tetapi dunia yang lebih luas juga dapat mengambil manfaat dari IoT, dengan bisnis yang dapat merampingkan proses yang sebelumnya begitu kompleks dan haus data melalui peningkatan otomatisasi, sehingga membebaskan karyawan untuk tugas-tugas lain.

Organisasi sektor publik seperti rumah sakit juga dapat menggunakan sensor untuk memantau pasien secara lebih efektif, dan pemerintah daerah dapat memantau polusi, tingkat lalu lintas, data cuaca, dan banyak lagi.

BACA JUGA:  Bermain Game Bisa Menjadi Profesi! Simak Penghasilan Gamers Profesional

IoT tumbuh cepat, dan akan memengaruhi semakin banyak bidang kehidupan kita di tahun-tahun mendatang, menghasilkan dunia cerdas yang sebelumnya hanya bisa dibayangkan dalam film-film fiksi ilmiah. (Fajar Tri Akbar)

Komentar

Berita lainnya