oleh

Sekolah Avicenna Cinere Wakili Jawa Barat di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2019

DEPOK – Dua orang siswa dari SMP Avicenna Cinere, Depok, Jawa Barat menjadi satu bersama finalis dari Kota Bogor yang merupakan perwakilan dari Jawa Barat dalam ajang OPSI SMP 2019 FAIR Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diadakan di El Royale Hotel, kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Siswa kami yang mewakili Jawa Barat dengan penelitian Pengelolaan Sampah Terpadu Menggunakan Alat Monitoring Sampah Berbasis Internet atas nama Ravelino NR Hutagalung dan Albaru Rhandy Kautsar,” jelas Tridias Soja Anggraini, Humas dari Sekolah Avicenna kepada DepokPos.

Pada ajang bergengsi ini, dua siswa SMP Avicenna ini harus bersaing bersama 102 peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Tim penelitian SMP Avicenna membuat alat yang disebut “MOSA” dengan teknologi NODE MCU berbasis Internet Of Thing (IOT) sebagai alat untuk memantau jumlah volume sampah. Hal ini berguna juga untuk membantu petugas kebersihan dalam melaksanakan tugasnya pula dan pengguna dapat memantau apakah sampahnya sudah dapat untuk diangkut sehingga terminimalisir polusi sampah di lingkungan sekitar.

BACA JUGA:  Komunitas Muslimah Menulis Depok Gelar Training Kepenulisan

Tridias juga mengatakan penelitian ini merupakan hasil Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang dibimbing oleh guru guru dari SMP Avicenna Cinere dimana munculnya penelitian ini dikarenakan adanya Peningkatan populasi dan kesejahteraan masyarakat yang berdampak terhadap peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga.

“Terkait hal ini beberapa masalah terjadi dalam pengelolaan dan pemantaun volume sampah. Sehingga ketepatan waktu dalam pengangkutan sampah menjadi salah satu faktor dalam pengolaan dan pemantauan volume sampah. Terkadang, petugas kebersihan akan mengalami keterlambatan dalam mengangkut sampah. Kondisi ini akan berdampak pada masalah lingkungan, yaitu penumpukan sampah yang akan menimbulkan bau tidak sedap dan polusi pada lingkungan sekitar. Sehingga siswa kami menciptakan alat yang bisa memantau jumlah sampah di tempat sampah,”paparnya.

BACA JUGA:  Ini Mekanisme Permohonan Sedot Tinja di Depok

Hari Kamis (28/11) ini merupakan presentasi terkait dengan penelitian siswa SMP Avicenna, untuk esok adalah sidang tertutup dari penelitian oleh Tim penilai dari Kemendikbud Republik Indonesia.

Sekolah Avicenna sendiri tersebar di tiga wilayah, yaitu di Jagakarsa, Cinere dan juga di Pamulang. Sekolah Avicenna memiliki visi berkarakter kepemimpinan, berbasis sains dan teknologi dan peduli pada lingkungan. Sekolah Avicenna terdiri dari jenjang Kelompok bermain, TK, SD, SMP hingga SMA.

Komentar

Berita lainnya