oleh

Rilis Single Perdana, Youtuber Tival Salsabila Berikan yang Terbaik

Tival, dara cantik bernama lengkap Tival Salsabila yang lahir di Bandung, 30 maret 2004 ini memulai kariernya sebagai seorang Selebgram dan Youtuber. Dengan kemerduan suaranya, Tival sering meng-cover banyak lagu-lagu hits hingga memiliki jumlah penonton yang banyak dan pengikut sekitar 430.000 followers.

“Awalnya aku tertarik terjun ke dunia tarik suara itu karena memang dari kecil, aku udah suka nyanyi dan orangtua kebetulan support juga dengan hobi aku itu. Akhirnya saat SD, aku mengikuti les menyanyi di Bandung dan beberapa kali ikut lomba-lomba menyanyi. Walaupun belum menang tapi itu jadi pengalaman berharga buat aku. Kemudian di bulan Oktober 2017, aku coba aktif di Youtube dengan bikin daily vlog, review make-up dan sampe coba bikin cover-cover lagu yang pernah hits. Alhamdulillah, respon orang-orang baik dan banyak yang suka nonton video-video aku”, ucap Tival tentang awal kesukaannya pada dunia tarik suara.

Di akhir tahun 2019 ini, Tival mulai memberanikan diri untuk lebih serius lagi dalam menyanyi dan memilih bergabung dengan label rekaman Indosemar Records. “Aku dapat tawaran dari beberapa label rekaman dan salah satunya dari Indosemar. Karena aku bersekolah di Boarding School, yang jadwalnya berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya, aku pikir pasti akan kesulitan mengatur jadwal sekolah dan menyanyi. Kerjasama dengan Indosemar lebih bisa fleksibel untuk jadwal, jadi akhirnya kami memutuskan untuk bekerjasama”, jelas Tival.

BACA JUGA:  Penyanyi Cilik Intan Lathifa Beri Nafas Baru bagi Kejayaan Lagu Anak di Tanahair

Lagu berjudul “Mengalah” dipilih menjadi single perdana Tival. Lagu ciptaan dari Pika Iskandar ini diaransemen dengan indahnya oleh KhoenHuan. “Lagu Mengalah ini bercerita tentang orang yang selalu mengalah sama seseorang, dan rela melakukan apa aja untuk dia namun disia-siakan. Buat aku, tema lagu ini real life banget ceritanya, semacam lagu curhat dan relate banget sama kisah hidup banyak orang. Kebetulan aku juga ngerasa cocok dengan karakter vokal aku. Makanya aku pilih lagu ini menjadi single pertama aku”, ujar Tival.

BACA JUGA:  Yura Yunita Ajak Teman Disabilitas, Merakit Ruang Kolaborasi

Karakter vokal suara Tival yang khas dan penghayatan yang pas dalam membawakan lagu ini, cukup menggugah rasa melankolis kita yang mendengarkan. Suara Tival yang lembut seakan memanjakan telinga kita. Namun saat proses rekaman, Tival mengaku lagu ini cukup memiliki tantangan tersendiri. “Selama proses rekaman lagu ini, bagian paling susah dan lama itu dibagian awal lagu, karena itu di nada rendah dan kadang suara aku hilang di bagian itu. Jadi selalu take ulang berkali-kali. Ditambah di hari itu, aku lagi puasa jadi berat banget rasanya recording saat puasa”, tutur Tival soal pengalaman rekamannya.

Di era digital ini, Tival menyadari banyaknya kemunculan bakat-bakat muda di dunia tarik suara. Namun Tival tidak takut bersaing secara sehat dengan terus menggali kemampuan dirinya. Mempelajari berbagai macam genre musik sebagai referensi termasuk salah satu caranya. “Sekarang banyak banget pendatang baru yang bagus-bagus. Karena untuk menjadi penyanyi sekarang, mungkin nggak sesusah dulu yah. Aku tahu persaingan di dunia yang aku geluti ini, pastinya sangat ketat. Jadi banyak belajar untuk menjaga kualitas diri itu penting banget”, ucap Tival mantap.

BACA JUGA:  Minegishi Minami, Anggota Terakhir AKB 48 Generasi Pertama Akhirnya Lulus

“Besar harapan aku, kehadiran aku di industri musik Indonesia, semoga sedikit banyak bisa ikut memperkaya musik Indonesia. Demikian juga dengan lagu ini, semoga bisa diterima dengan baik. Banyak orang yang suka dan tersentuh sama lagu ini. Buat yang suka lagu-lagu galau, semoga pesan yang ingin aku sampaikan di lagu ini bisa sampai ke semua yang mendengarkan. Inilah karya dari aku dan yang terbaik dari aku”, ujar Tival tentang harapannya.

Komentar

Berita lainnya