oleh

Inovasi Dessert Unik Gin Choux Liquor

Pastry yang berasal dari kata paste yang berarti campuran terigu, cairan dan lemak. Pembuatan pastry mengacu pada berbagai adonan (paste and dough) dan banyak lagi produk turunannya. Produk pastry ada yang menggunakan ragi dan ada juga yang tidak menggunakan ragi. Pada umumnya produk pastry bertekstur crispy, adonan tidak kalis. Namun, beberapa produk pastry membutuhkan adonan yang kalis saat diroll seperti Danish Pastry, Croissant, Puff Pastry.

Choux Pastry asal negeri Perancis merupakan salah satu jenis pastry dengan karakteristik ringan namun volume besar. Adonan choux pastry ini berbeda dengan kebanyakan produk pastry yang lain, karena harus dimasak dulu sebelum dioven. Perbedaannya lagi, choux pastry ini tidak menggunakan bahan pengembang seperti baking powder dan ragi. Setting temperatur tinggi pada separuh pertama periode pengovenan membuat kandungan telur dalam adonan naik membentuk lapisan luar yang sedikit lebih keras.

Choux paste sering juga disebut kue sus yang didefinisikan sebagai kue yang bertekstur lembut dan kopong bagian dalamnya, sehingga dapat di isi dengan vla dengan aneka rasa. Bahkan Sus saat ini tidak hanya diisi Vla, akan tetapi juga di isi dengan berbagai macam filling yang rasanya asin. Ada sus yang di isi ragout, bahkan di isi dengan lembaran smoked beef, keju lembaran, telur rebus yang diiris tipis, dan lain-lain.

Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat semakin kreatif dalam mengolah Choux, salah satunya adalah produk Choux dari Gin Liquor Choux. Mereka membuat inovasi unik untuk membuat isian dalam Choux, mereka memadukan kombinasi Gin dengan aneka toping manis seperti cokelat, karamel, kacang serta aneka buah – buahan seperti strawberry, kelapa dan jeruk.

Salah satu menu unik yang mereka miliki yaitu Pina Colada yang merupakan Choux dengan bagian atas berisi adonan ganache yang dicampur rum Coconut Malibu serta pada bagian tengah berisi adonan cremeux yang terbuat dari campuran nanas dan jahe.

Selain Pina Colada, ada juga varian Cherry Bomb, Bailey Snickers, Wine Cheesecake dan masih banyak lagi. Sayangnya, mereka belum memiliki toko offline jadi untuk menikmati dessert unik ini kamu harus memesan melalui nomor whatsapp yang tertera pada akun instagram mereka.

Untuk harganya sendiri berkisar 295 ribu hingga 1.1 juta rupiah, wah lumayan mahal ya tapi dengan keunikan yang mereka miliki sepertinya worth it, berani coba?

(Natasya)

Komentar

Berita lainnya