oleh

Google Buang Nama ‘Makanan Penutup’ untuk Android

-Tekno-310 views

Inilah akhir dari sebuah era: Android Q sekarang hanya disebut “Android 10.”

Google mengumumkan dalam sebuah posting blog bahwa akan membuang nama pencuci mulut Android (Pie, Oreo, Nougat, Marshmallow dll.) yang selama ini menggantikan angka. Dengan demikian, Android Q, yang sudah tersedia untuk beberapa gadget tertentu, sekarang hanya bernama Android 10.

Perubahan nama berakhir setelah sebelumnya selama satu dekade nama pencuci mulut selalu digunakan untuk menamai sistem operasi android.

Tapi mengapa berubah? Google mengatakan, walaupun nama makanan penutup itu menyenangkan, tapi mereka “tidak selalu dipahami oleh semua orang di komunitas global.”

BACA JUGA:  WhatsApp Terapkan Pengaturan Privasi Baru Fitur Grup

Raksasa teknologi itu mengatakan nama pencuci mulut tidak inklusif seperti angka untuk sejumlah alasan, diantaranya budaya yang berbeda dimana pencuci mulut tertentu mungkin tidak dikenal, tantangan bagi pengguna yang tidak berbahasa Inggris untuk mengucapkan nama, dan kebingungan bagi pengguna Android baru yang mungkin tidak tahu versi apa yang mereka miliki di perangkat mereka.

BACA JUGA:  Facebook dan Instagram Larang Penggunaan Emoji Seksual

“Misalnya, L dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa,” kata Google. “Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop dengan lantang, tidak secara intuitif jelas bahwa itu merujuk ke versi setelah KitKat.”

Angka lebih mudah dipahami. Misalnya, semua orang dapat memahami bahwa Android 11 datang setelah Android 10.

Konvensi penamaan baru bukan satu-satunya hal yang diubah Google untuk Android. Google memoles font Robot-nya sendiri dengan bentuk yang lebih bulat dan memodifikasi Andy, si logo Android, sedikit dengan menggerakkan matanya lebih rendah, memanjangkan antena, dan beralih ke warna hijau yang lebih gelap.

BACA JUGA:  Logo Baru Facebook, Integrasikan Instagram dan WhatsApp?

Seperti semua perubahan nama, semua orang pada akhirnya akan mengatasinya, karena hak Google, Android 10 jauh lebih mudah untuk dikatakan dan dipahami daripada Android Quiche atau Android Quince atau apa pun makanan penutup berawalan Q. (Fajar Tri Akbar)

Komentar

Berita lainnya