oleh

Apple Hapus Aplikasi Terkait Vape dan Rokok Elektrik, Bagaimana dengan Google?

-Tekno-307 views

Apple baru saja menghapus semua 181 aplikasi vaping dari App Store-nya. Informasi ini pertama kali muncul di Axios, yang mendengar dari sumber dalam bahwa Apple berencana untuk membuat keputusan. Keputusan Apple adalah tanggapan terhadap masalah kesehatan yang semakin meningkat dan reaksi selanjutnya terhadap industri vaping dan rokok elektrik.

Langkah ini tidak terlalu mengejutkan karena pada tahun 2017, Apple memblokir aplikasi vaping baru untuk mengajukan permohonan slot di App Store. Hanya masalah waktu sebelum aplikasi yang sudah ada akan disingirkan.

Apple tidak pernah mengizinkan aplikasi yang dirancang untuk pembelian dan penjualan rokok elektrik. 181 aplikasi vaping yang dihapus dari App Store dirancang untuk mengontrol fungsi-fungsi rokok elektrik seperti suhu atau panduan menyalakan dan mematikan perangkat.

BACA JUGA:  Aplikasi Ini Dapat Membantu Mengerjakan PR Matematika

Aplikasi ini akan terus berfungsi untuk mereka yang sudah memilikinya dan bahkan dapat ditransfer ketika mereka meningkatkan ke perangkat baru. Namun aplikasi tidak akan tersedia untuk unduhan baru.

Mungkin saja Google bisa melakukan langkah serupa sekarang karena Apple telah menentukan sikapnya. Ada ratusan aplikasi vaping di Google Play Store saat ini dan sejauh yang semua orang tahu, Google masih mengizinkan pengajuan aplikasi baru terkait vaping.

BACA JUGA:  Instagram Akhirnya Tetapkan Batas Usia Pengguna

Berikut adalah pernyataan dari Apple yang dilansir dari androidauthority.com mengenai keputusannya:

“Kami sangat berhati-hati untuk memilih App Store sebagai tempat tepercaya bagi pelanggan, terutama kaum muda, untuk mengunduh aplikasi. Kami terus-menerus mengevaluasi aplikasi, dan membandingkan dengan isu-isu terbaru, untuk menentukan risiko terhadap kesehatan dan kesejahteraan pengguna.

Baru-baru ini, para ahli mulai dari CDC hingga American Heart Association telah mengaitkan berbagai cedera dan kematian paru-paru dengan produk rokok elektrik dan vaping, yang sejauh ini menyebut penyebaran perangkat ini sebagai krisis kesehatan masyarakat dan epidemi remaja.

BACA JUGA:  Kesederhanaan dalam YouTube Rewind 2019

Kami setuju, dan kami telah memperbarui Pedoman Peninjauan App Store untuk mencerminkan bahwa aplikasi yang mendorong atau memfasilitasi penggunaan produk ini tidak diizinkan. Sampai hari ini, aplikasi ini tidak lagi tersedia untuk diunduh.” (Fajar Tri Akbar)

Komentar

Berita lainnya