oleh

Alkohol Lebih Merusak Hati Dari Pada Putus Cinta

Minum minuman beralkohol umumnya sangat akrab dengan kehidupan anak usia remaja, karena di fase tersebut rasa ingin tahu dalam diri sedang pada puncaknya. Selain itu minum minuman berlakohol juga dekat dengan seseorang yang sedang stres, galau dan lain sebagainya. Hal tersebut karena minuman berlakohol dianggap mampu menyelesaikan setiap masalah yang sedang di alami.

Padahal, mengonsumsi minuman beralkohol dapat mendatangkan berbagai penyakit fatal pada tubuh kita. dr Ari Syam, spesialis penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menjelaskan bahwa dampak buruk dari kebiasaan minuman alkohol akan mengenai berbagai organ di dalam tubuh , mulai dari otak, mulut, saluran cerna, sampai ke usus besar.

Pada otak, Alkohol mempengaruhi memori ingatannya. Jika mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak, otak akan berhenti memproses dan menyimpan informasi baru ke dalam ingatan. Inilah penyebab orang-orang yang baru tersadar dari mabuknya tidak dapat mengingat sepenuhnya apa yang telah terjadi. Hal ini juga menunjukan bahwa sel otak telah mengalami kerusakan. Parahnya, jika kebiasaan mengonsumsi alkohol terus terjadi, kerusakan sel otak akan semakin buruk dan berdampak pada rusaknya memori ingatan secara pemanen.

BACA JUGA:  Mengenal Lebih Jauh Menstrual Cup, Benarkah Berbahaya bagi Kesehatan?

Tidak berhneti di otak, minuman beralkohol juga akan merusak fungsi hati. Seperti yang kita tahu, hati beperan dalam menyaring berbagai racun serta mengatur gula dan kolesterol. Saat mengonsumsi minuman berlakohol, hati akan bekerja dengan sangat keras untuk mengubah alkohol menjadi air dan karbondioksida yang aman bagi tubuh.

Kandungan alcohol mampu merusak sel hati dan menghambat reproduksi sel-sel baru. Hal tersebut tentu menyebabkan kerusakan hati yang sulit untuk diperbaiki karena regenerasi sel tidak bisa dilakukan. rutin mengonsumsi alcohol akan membuat penumpukan lemak pada hati, dari perlemakan hati tersebut akan berujung pada hepatitis atau masalah peradangan hati jika konsumsi minuman beralkohol terus dilakukan. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya