oleh

5 Manfaat Istimewa Dari Mengkonsumsi Buah Nanas

Di Indonesia, banyak tanaman buah yang tumbuh subur. Kalian bisa memilih berbagai macam buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Dari berbagai macam buah yang ada, nanas termasuk satu di dalamnya, karena nanas merupakan buah khas dari daerah tropis.

Buah yang sering terdapat pada rujak ini memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Nanas mampu membantu meningkatkan kesuburan juga mencegah peradangan dan penyakit kardiovaskular dengan kandungan fitonutrien didalamnya. Selain itu, kandungan enzim bromelian pada nanas dapat mempercepat penyembuhan luka, mencegah metastasis paru-paru dan menengkan otot yang tegang.

Buah yang menjadi rumah pada serial kartun SpongeBob ini dapat dinikmati dengan berbagai cara, seperti dijadikan jus, olahan kue (nastar) atau dimakan langsung.

BACA JUGA:  3 Langkah Sebelum Menggunakan Lipstick Matte pada Bibir Kering

Yuk simak langsung manfaat lain dari buah nanas.

Mencegah asma
Dengan kandungan beta karoten didalamnya, nanas mampu mencegah terjadinya penyakit asma. Hal ini disebabkan oleh kemampuan buah nanas untuk mendektosifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah depresi dan ganguan kecemasan
Buah nanas memiliki kandungan asam amino triptofan yang digunakan tubuh untuk menghasilkan hormon serotonin yang merupakan hormon bahagia yang utama.

BACA JUGA:  3 Bahaya Kerokan yang Harus Diketahui

Mencegah kanker
Berdasarkan sebuah studi kasus-kontrol yang dilakukan pada tahun 2004, menghubungkan kandungan beta-karoten yang ada pada buah nanas, memiliki dampak perlindungan terhadap kanker prostat. Selain itu, kandungan vitamin c yang tinggi bersifat antioksidan yang mampu menghambat perkembangan sel kanker.

Mencegah sembelit
Kandungan bromelain yang terdapat pada nanas mampu mengurangi kekebalan sel-sel inflamasi (sitokin), sehingga lapisan yang ada pada saluran pencernaan akan rusak. Nanas juga mengandung serat dan air yang tinggi, hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

BACA JUGA:  Tak Perlu Mahal, Bawang Merah Bisa Atasi Diabetes

Mencegah rambut rontok
Buah nanas juga bisa menjadi solusi untuk masalah kerontokan. dengan tingginya kandungan bromelain dan vitamin c mampu melawan kerontokan pada rambut dan juga mengobati infeksi pada kulit kepala. (Fuad Rahmat)

Komentar

Berita lainnya