oleh

3 Prinsip Membangun Bisnis ala Ir. Ciputra

-Inspirasi-268 views

Ciputra merupakan pengusaha senior yang mengawali karir bisnisnya dengan mendirikan usaha komsultan arsitektur pembangunan. Ia merintis usaha dengan menjadikan garasi sebagai kantor. Tapi, saat ini kekayaan Ciputra mencapai USD 1, 3 miliar atau RP 18,20(USD 1=rp 14.000).

Semua yang dicapainya ini merupakan hasil dari ketekunannya mengamalkan prinsip yang ia miliki. Dia pernah mengatakan dalam sebuah acara the 5th Annual Jakarta Marketing Week 2017 pada medio Mei 2017, Ciputra mengatakan, seorang pembisnis/pengusaha sukses menerapkan tiga prinsip yang disebut IPE( integritas, profesionalisme, dan enteurpreneur).

Yang pertama Dia mengatakan bahwa integritas merupakan fondasi penting dalam membangun kesuksesan dalam berbisnis. Integritas menjadi dasar dalam menjalin hubungan kepercayaan.”integritas, adalah moral dan kejujuran, yang menjadi dasar segalanya, karena itu dari Tuhan yang diharapkan jangan buat kesalahan. Kalu Integritas, moral, kejujuran terganggu atau kurang baik maka harus segera diperbaiki karena itu merupakan branding kita”. Kata Ciputra

BACA JUGA:  Achmad Hamami, Profil Pengusaha Alat Berat yang Sukses

Yang ke dua Profesionalisme mencakup keahlian. Keahlian pun bermacam-macam wujudnya seperti keahlian mengenai teknologi. Yang terakhir adalah entrepreneur atau jiwa usahawan. Tanpanya, maka langkah untuk menjadi seorang pengusaha sukses akan sulit diraih. Entrepreneur atau emotional person, kewirausahaan(entrepreneurship) merupakan bagian penting untuk memangkas kesenjangan antara kaya dan miskin. Tambahnya

Ciputra menjelaskan, ada bermacam-macam cara untuk memangkas kesenjangan. Di antaranya adalah pendidikan dan pelatihan pada buruh. Dengan demikian, keahlian, produktivitas, serta pendapatan kita akan meningkat. Namun, menurut Ciputra, hal itu merupakan upaya jangka pendek. “yang benar dapat mengatasi kesenjangan terseebut adalah entrepreneurship,” ujar dia.

BACA JUGA:  Pengusaha Milenial Ajak Generasi Muda Siap Hadapi Perdagangan Global 2020

Dia mengatakan, entrepreneurship merupakan usaha untuk memberikan nilai tambah. Kaki lima bukan entrepreneurship, bukan toko klontong taka da nilai tambha. Entrepreneurship menurut kami adalah yang mengubah sampah menjadi emas. Itulah tiga prinsip membangun sebuah bisnis ala Ciputra, anda bisa mengikuti tiga prinsip ini untuk kesuksesan bisnis anda. (Achmad Riduan)

Komentar

Berita lainnya