oleh

Peringati Hari Santri Nasional, Santri Ponpes Daarussalam Depok Lakukan Sujud Syukur

Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk meneladankan semangat Jihad kepada para Santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Sekutu ini maksudnya adalah Inggris sebagai pemenang Perang Dunia II untuk mengambil alih tanah jajahan Jepang. Di belakang tentaran Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Seluruh Santriwan dan Santriawati Pondok Pesantren Daarussalaam yang berada di kp.Banjaran Pucung kel.Cilangkap kec.Tapos Kota Depok. Berkumpul bersama pengurus Ponpes dan juga para Ustad dan Ustadzah di Masjid Al-Akhyar . untuk melakukan syujud syukur bersama atas Miladnya Ponpes Daarussalaam Ke -30, sekaligus menyambut peringatan Hari Santri Nasional.

BACA JUGA:  Seminar Bulan Bahasa 2019 SMK se-Kota Depok; Cinta Bahasa dan Sastra Melalui Karya

“ kami bersyukur karena pada tanggal 22 Oktober juga bertepatan dengan Milad Pondok kami, yang secara tidak langsung Milad Pondok kami, di peringati oleh para Santri seluruh Indonesia. Harapan kami semoga Santri dapat menjadi pemimpin Bangsa Indonesia yang mengedepankan nilai-nilai perjuangan Islam, untuk menegakkan Agama Allah swt”. Ujar Sekretaris Ponpes Daarusalaam, Ust. Ahmad Syaifullah. Depok 22 Oktober 2019. (AR)

Komentar

Berita lainnya