oleh

Facebook dan Instagram Luncurkan Fitur Anti Hoax

-Tekno-306 views

Seiring perkembangan Zaman dan di era Globaliasi serta canggihnya Teknologi , semakin mudahnya penyebaran informasi juga sangat mudah mengaksesnya di media masa apalagi di media social. Namun dua Media Sosial yang yang sangat Populer pada saat ini, facebook dan instagram, kini dikabarkan meluncurkan fitur baru yang menandakan berita itu salah.

Hoax adalah informasi palsu atau berita yang sebenarnya bias berisi fakta namun telah dipelintir atau direkayasa. Namun, kata-kata hoax saat ini semakin sering digunakan dan disematkan ketika menyikapi berita yang sama sekali tidak ada faktanya (fake news).

Lewat fitur baru ini, postingan atau unggahanyang diangga[ “tidak jelas” atau telah dilaporkan sebagai berita palsuakan dilabeli “False Information” yang diverifikasi oleh tim independen pemeriksa fakta(fact-checkers). Begitu pula di Instagram, jika pengguna lain yang akan memposting sesuatu yang sudah dianggap hoax oleh instagram akan dilabeli “False Information” lengkap dengan tautan yang berisi penjelasan lebih lanjut. Tidak hanya dipostingan, fitur ini juga akan ada di story facebook atau instagram.

BACA JUGA:  Game Esports Terbaru, Call Of Duty Saingi PUBG Mobile

“Konten di facebook dan instagram yang dinilai salah oleh tim pemeriksa fakta akan memberikan label yang lebih jelas, sehingga pengguna dapat memutuskan sendiri apa yang harus dilakukan apakah ingin tetap dibaca, dipercayanatau dibagikan,” tulis facebook dikutip dari Ubergizmo, Kamis (24/10/2019).

Kendati demikian, dengan diluncurkannya fitur ini, pengguna kedua jejaring social yang sangat popular ini diharapkan lebih hati-hati dalam menerima informasi, tidak langsung mempercayainya atau bahkan membagikan kepada banyak orang. Juga diharapkandapat meminimalisir penyebaran berita hoax yang bersumber dari media social, karena selama ini media sosial lah yang paling cepat dalam menyebarkan dan mudah diakses oleh banyak orang. (AR)

Komentar

Berita lainnya