oleh

Ingin Jajal Bisnis Kurir? Ini Tips Sukses Ala TIKI

PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, mengajak para pemilik modal dan pengusaha Indonesia untuk memaksimalkan peluang di bisnis kurir dengan bermitra dengan perusahaan jasa kurir yang terbaik di industrinya. Selama Franchise & License Expo Indonesia yang akan digelar pada 13-15 September 2019 di Jakarta Convention Center mendatang, TIKI membuka kesempatan untuk lebih mengenal peluang di bisnis kurir dan tips mencari mitra bisnis yang mumpuni di bisnis kurir.

Titi Oktarina, President Director TIKI mengatakan “Sebagai salah satu perusahaan pengiriman terpercaya di Indonesia dengan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, TIKI mengajak para mitra waralabanya bertumbuh bersama dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tiap daerah. Selama 49 tahun kehadiran TIKI di industri jasa kurir, TIKI telah membangun ekosistem kemitraan dengan sistem kerja yang profesional, pembagian keuntungan yang transparan dengan biaya investasi yang ringan.”

Industri jasa kurir merupakan industri yang akan terus bertumbuh selama roda ekonomi berputar dan konsumsi masyarakat terus berjalan karena jasa pengiriman dan distribusi barang akan selalu dibutuhkan. Pertumbuhan sektor kurir & logistik mencapai14,7% pada 2017. Frost & Sullivan, memperkirakan industri logistik Indonesia akan tumbuh 15,4% dengan nilai Rp.4396 triliun pada tahun 2020 dimana peningkatan konsumsi masyarakat, dan pertumbuhan bisnis e-commerce menjadi salah satu pendorong perkembangan industri kurir.

BACA JUGA:  Qazwa - Platform Pembiayaan Syariah Rintisan Mahasiswa UI untuk Usaha Mikro

Untuk dapat menangkap peluang besar di industri kurir, berikut ini beberapa hal penting yang harus dicari tahu oleh para pemilik modal atau pengusaha Indonesia terkait perusahaan kurir yang akan dijadikan mitra waralaba:

1. Reputasi dan rekam jejak perusahaan di bisnis kurir
Industri kurir merupakan industri jasa berbasis kepercayaan mengingat pelanggan menitipkan barangnya untuk dikirimkan. Oleh karena itu pastikan Anda bermitra dengan perusahaan jasa kurir yang memiliki reputasi dan rekam jejak yang mumpuni agar Anda dapat mudah mempromosikan usaha Anda kepada keluarga, teman dan masyarakat sekitar. TIKI sendiri telah menjalankan bisnis kurir sejak tahun 1970 dan terus menjadi salah satu yang terdepan dalam menjaga kualitas layanan dan kepercayaan pelanggan dan mitra waralabanya.

2. Jaringan distribusi yang kuat
Pastikan perusahaan jasa kurir yang menjadi mitra bisnis Anda memiliki aset jaringan distribusi yang kuat dan luas hingga ke pelosok nusantara, yang dibangun sendiri atau bukan menggunakan jaringan distribusi dari perusahaan jasa kurir lain. Di TIKI sendiri memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh 450+ kantor perwakilan, 3000+ gerai dan telah menjangkau dan melayani hingga 98 persen dari total kode pos di Indonesia.

BACA JUGA:  Memanfaatkan Instagram untuk Bisnis Anda

3. Komitmen manajemen perusahaan dalam inovasi
Cari tahu bagaimana perusahaan kurir tersebut dikelola, visi & misi perusahaan dan apakah perusahaan tersebut terus berinovasi mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan di era digital. Hal ini penting mengingat bisnis waralaba yang kita jalani diharapkan dapat berjalan dan berkembang dalam jangka panjang. Di TIKI, inovasi layanan menjadi yang utama bagi perusahaan dan menjadi salah satu tips sukses perusahaan dalam menjalankan bisnisnya selama 49 tahun ini. Berbagai inovasi layanan yang TIKI miliki saat ini antara lain aplikasi TIKI, layanan drive thru 24 jam, layanan jemput online, drop-off 24 jam, TIKI Online Booking (TOB), real time tracking, dan SMS Notifikasi.

4. Sistem waralaba yang jelas dan transparan
Cari tahu sedetil-detilnya mengenai persyaratan menjadi mitra waralaba, jenis-jenis mitra waralaba yang ditawarkan, nilai investasi, sistem pembagian komisi dan besaran komisi yang diterima, hingga proyeksi balik modal (Break Even Point). Di TIKI menawarkan dua (2) jenis waralaba yaitu TIKI Gerai dan TIKI Booth dengan besaran komisi harian sebesar 21 persen dari total omset per hari dan tambahan bonus dari pencapaian omset selama satu bulan dengan perhitungan persentase hingga mencapai 6 persen, dengan total pendapatan mencapai 27 Persen.

BACA JUGA:  Sajikan 200 Varian Rasa, Yogurtland Resmi Diluncurkan di Indonesia

5. Program pengembangan mitra waralaba
Program pengembangan mitra waralaba sangat penting agar kita sebagai mitra waralaba memahami seluk beluk bisnis di jasa kurir dan menjadi mitra bisnis yang saling membangun. Bukan hanya sekedar pemilik modal yang menanamkan modalnya tanpa mempunyai pengetahuan mengenai bisnis. Di TIKI, tiap mitra waralaba akan memperoleh pembekalan dan pelatihan secara regular mengenai bisnis, produk & layanan serta proses operasional TIKI. Perusahaan juga rutin mengadakan temu mitra waralaba untuk memberikan informasi terbaru terkait perusahaan dan berdiskusi dengan para mitra terkait kinerja bisnis mitra dan cara meningkatkan pendapatan bisnisnya.

Komentar

Berita lainnya