oleh

Yuk, Kenali Ayat-ayat Allah dalam Tubuh Manusia

-Oase-418 views

Tidak ada suatu makhluk yang diciptakan dengan sia-sia. Manusia diciptakan agar mengetahui tentang Allah dan untuk beribadah kepada-Nya. Allah menciptakan manusia dengan segala bentuk yang indah, tidak ada satupun yang buruk menurutnya karena Dia lebih mengetahui kebaikan apa yang layak diberikan untuk hamba-Nya.

Allah memerintahkan setiap muslim agar selalu membaca, merenungi, dan mentadaburi ayat-ayat-Nya. Allah berfirman dalam Q.s Ali-Imran ayat 190-191 yang artinya “sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian siang dan malam terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berakal. Yaitu oang-orang yang mengingat Allah sambal berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memiirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata, ‘Ya Rabb kami, tidaklah engkau menciptakan ini sia-sia, Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.’”

Sungguh Allah adalah Maha Kaya yang sangat baik kepada hamba-Nya. Banyak sekali kebaikan yang Allah tebarkan dimuka bumi ini maupun dilangit. Tanda-tanda kekuasaan Allah itu sangat dekat dengan kit ajika kita manusia yang berakal dan mau berfikir. Sebab ayat Allah yang agung terdapat pada diri kita sendiri. Berikut adalah ayat-ayat Allah yang terdapat dalam tubuh manusia:

Q.S Al-Hajj ayat 5
“Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudiam dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam Rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan diantara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) diantara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air diatasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.”

Q.S Al-An’am ayat 2
“Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu).”

Q.S An-Nur ayat 45
“Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan diats perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebgaian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptkanan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Q.S Al-Mursalat ayat 20
“bukankah Kami menciptakan kamu dari air yang hina?”

Q.S Al-Qiyamah ayat 36-40
“Apakah manusia mengira bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)? Bukankah dia dahulu setets mani yang ditumpahkan (kedalem Rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang laki-laki dan perempuan. Bukankah (Allah yang berbuat) demikian beerkuasa (pula) menghidupkan orang mati?”

Tubuh manusia merupakan Maha Karya Allah yang sangat luar biasa. Andai para pakar cendikia berkumpul dan menghabiskan segenap umur untuk menyingkap setiap rahasia yang terdapat pada tubuh manusia, niscaya mereka tak akan mampu melakukannya. Betapa tidak bersyukurnya kita jika diberikan badan dan akal yang sehat namun tidak tergerak untuk memperhatikan ayat-ayat-Nya pada diri sendiri. (Rismayanti)

Komentar

Berita lainnya