oleh

Ratusan Mahasiswa Indonesia Ikuti Kemah Kepemimpinan

DEPOK POS –  Sebanyak 136 mahasiswa mengikuti kemah kepemimpinan di Taman Hutan Raya, Karang Anyar, Jawa Tengah, Sabtu dan Ahad (24-25/8). Para mahasiswa ini berasal dari 81 kampus di 14 wilayah Indonesia. Mereka berkumpul di Solo untuk mengikuti Regional Leadership Training (RLT) 2019, yang dihelat oleh program YOULEAD Dompet Dhuafa.

Kemah tersebut menjadi agenda di hari kedua dan ketiga RLT. Selain kemah, YOULEAD juga diisi dengan kegiatan Inspiring Leaders Talk, Leadership Sharing,YOULEAD Project Challenge, serta I’tikaf dan Khotmil Quran.

Kemah kepemimpinan pun terdiri dari beberapa mata acara, seperti Training Kebencanaan, Training Analisis Sosial, Malam Kolaborasi Kepemimpinan, Outbond, dan rangkaian games kekompakan. Satu yang menarik, pada kemah ini para peserta akan memasak makan malam dan menyantapnya bersama-sama.

BACA JUGA:  Kunjungi Kampus UI, PM Australia Tegaskan Hubungan Bilateral Harus Ditingkatkan

“Sengaja kami mengajak para peserta berkemah, selain untuk menjalin kekompakan juga melatih mental pemimpin dan mengasah kemandirian,” ujar Fazar Mochamad, Koordinator YOULEAD. Dirinya juga menjelaskan lokasi kemah dipilih karena dekat dengan lokasi pembukaan dan acara inti RLT, yaitu di UNS, Solo.

“Para peserta sangat menikmati acara berkemah, selain dapat pengetahuan dan teman baru, mereka juga bisa rehat sejenak dari rutinitas kampus. Semoga saat kembali ke kampusnya masing-masing nanti, pikiran mereka fresh dan kaya ide baru untuk bergerak di masyarakat,” harap Fazar.

BACA JUGA:  Percantik Desain Kemasan Produk UMKM, Prodi Desain Grafis PNJ Berikan Kontribusi Nyata

YOULEAD sendiri merupakan program pembinaan kepemimpinan bagi para aktivis kampus. Selain itu, YOULEAD juga adalah program kaderisasi pemimpin muda. Melahirkan pemimpin masa depan yang berintegritas dan memiliki peran strategis di tengah masyarakat adalah tujuan yang diikhtiarkan Dompet Dhuafa Pendidikan melalui program YOULEAD.

RLT sendiri menjadi salah satu upaya pembinaan kepemimpinan tersebut. Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk menjalin kolaborasi antar para penerima manfaat YOULEAD, sehingga dapat melahirkan solusi bagi permasalahan masyarakat. Semoga!

Komentar

Berita lainnya