oleh

Perkembangan Startup di Indonesia

-Tekno-706 views

Di era 4.0 ini semakin tinggi minat masarakat Indonesia terhadap e commerce, dikarenakan hal tesebut pemerintah memberikan fasilitas dengan mengadakan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, acara yang di gawangi pemerintah ini sangat mendukung para kawula muda yang tertarik dengan dunia startup, dengan adanya workshop dan rangkaian program selama 6 bulan, diharapkan dapat membantu dalam memulai start up yang baru, dan diharapkan dengan adanya inovasi startup baru di indonesia dapat memajukan perekonomian indonesia. Siapapun dapat bergabung dengan gerakan ini, terlebih mereka yang berminat di bidang ini.

BACA JUGA:  Vivo Siap Hadirkan Varian Terbaru Z1 Pro 6GB

Sebagai salah satu start up yang ada di indonesia Tokopedia menduduki tingkat teratas start up yang paling diminati untuk dikunjungi situsnya oleh masyarakat indonesia, hal ini diketahui dari peta persaingan e-commerce di indonesia Q1 2019 yang dikeluarkan oleh iprice baru-baru ini. Bukalapak menduduki posisi kedua startup yang paling sering diakses. Shoppe pun tak kalah menarik perhatian dengan peningkatannya, diketahui bahwa peningkatan pengunjung shopee paling banyak diantara pemain lainnya di dalam negeri. Adanya e commers sangat diminati, karena dianggap lebih mudah dalam bertaransaksi.

Lalu apa perbedaan dari startup, e-commerce dan juga fintech ? tiga hal tersebut saling berkaitan, startup merupakan perusahan-perusahan rintisan yang baru di bangun, sesuai dengan era saat ini , yakni era digital perusahaan-perusahaan tersebut memanfaatkan perkembangan teknologi. Umumnya perusahaan-perusahaan ini bergerak di bidang teknologi dan informasi, namun istilah startup tidak belaku disemua bidang.

BACA JUGA:  Vivo Siap Hadirkan Varian Terbaru Z1 Pro 6GB

Startup terdiri dari e-commerce dan juga financial technology (fintech). E-commerce merupakan perusahaan yang menyediakan platform jual beli online, seperti yang sudah kita ketahui, contoh dari platform jual beli online ini yaitu seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya, tentu kita sudah tak asing dengan platform-platform ini.

Sedangkan fintech merupakan perusahaan rintisan yang bergerak pada bidang keuangan, lebih jelasnya perusahaan rintisan ini di jalankan secara online dengan memanfaatkan teknologi modern yang bergerak di jasa keuangan dengan melakukan inovasi-inovasi baru dalam jasa keuangan. Jenis-jenis fintech antara lain e-money, peer 2 peer lending, payment geteway, remittance, saham hingga pengelolaan aset, pengelolaan dana, dan di bidang asuransi.

BACA JUGA:  Vivo Siap Hadirkan Varian Terbaru Z1 Pro 6GB

Iin Mega

Komentar

Berita lainnya