oleh

Membangun Semangat Pemuda untuk Masa Depan

-Opini-851 views

Oleh Muhamad Andrian STEI SEBI, Depok

Berbicara tentang pemuda, terdapat sebuah kalimat yang cukup melekat pada pemuda, yaitu “masa depan suatu bangsa ada di tangan pemudanya.” Sebab, pemuda yang berada pada rentang usia 16-30 tahun termasuk kategori usia produktif.

Pada saat tersebut, seseorang dapat melakukan dan mencoba banyak hal. Termasuk memberikan kontribusi untuk memajukan bangsa.

Bahkan Presiden Soekarno sudah sejak dulu mengakui kemampuan pemuda untuk membangun bangsa. Dalam salah satu pidatonya Soekarno pernah berkata. Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Kalimat Soekarno tersebut menggambarkan seberapa besar perubahan yang mampu dibawa oleh pemuda. Jika 10 pemuda saja dapat mengguncang dunia, bayangkan jika seluruh pemuda Indonesia bersatu dan bekerja sama membangun Indonesia.

Niscaya, masa depan cerah ada di tangan bangsa ini adalah di tangan pemuda, dengan ini buktian kekuatan para pemuda indonesia, yaitu mahasiswa sebagai tonggak perubahan kehidupan bangsa. sebagaimana dalam Sumpah Pemuda menjadi bukti torehan sejarah para pemuda bangsa untuk menyamakan pandangan akan pentingnya persatuan dankesatuan bangsa dalam meluluhlantahkan penjajahan di atas bumi pertiwi.

BACA JUGA:  Apasih Maumu?

Dalam sejarah bangsa kita tercatat, para pemuda bangsa yang berasal dari beragam latar belakang yang berbeda, bersatu melaksanakan kongres pemuda dengan satu tujuan bersama, yakni mewujudkan kemerdekaan bangsa indonesia. melalui tangan-tangan para pemuda, indonesia diakui sebagai negara yang berdaulat.

Pada sejarah ini menjadi awal perubahan bangsa dari ketertindasan, pembodohan, dan ketidakadilan yang seharusnya kita lakukan saat ini ialah terus berjuang menuju restorasi bangsa dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa menuju pembebasan dari ketertindasan dan ketidakadilan para pemangku pemerintahan.
Selaku pemuda yang menjadi pelopor kebangkitan bangsa ini kita harus memiliki niliai kebaikan dan mempunyai kreteria pemuda yang bisa menjadi kebanggan untuk bangsa ini dengan tips atau langkah sebagai berikut :

BACA JUGA:  Apasih Maumu?

Visi, Misi, dan tujuan, untuk menjadikan targetan atau pencapaian yang lebih baik karena begitu banyak pemuda sekarang ini yang tidak mempunyai arah tujuan atau pencapian yang didapatkan namun sia-sia maka harus adanya goals agar menjadi terarah.

Nilai moral yang tinggi budi pekerti yang luhur. Karena mulai sedikit tergeser posisinya dengan perilaku gaul dan seenaknya di kalangan pemuda. Sedangkan sesuatu yang amat khas dengan bangsa ini adalah sebuah warisan yang telah diwariskan secara turun menurun oleh orang tua kita, agar memiliki sebuah sifat yang luhur agar mampu bertahan ditengah arus globalisasi yang selalu menerjang tiada henti. Dan berbudi pekerti yang luhur merupakan sebuah identitas dan kebutuhan yang harus dimiliki oleh pemuda bangsa ini agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif yang mulai lalu lalang dan terlihat dengan jelas pada zaman ini.

BACA JUGA:  Apasih Maumu?

Kreatifitas tinggi, kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru seperti ide, gagasan dan hal yang bisa memecahkan masalah. Karena pemuda merupakan orang yang tingkat kreatifanya masih tinggi maka saying sekali kalo tidak dimanfatkan waktunya dengan membuat karya.

Senang belajar. Dalam artian senang belajar akan hal baru yang belum pernah didapatkan bukan artian hal belajar yang di lakukan dikelas, sekolan atau di kampus.

Berjiwa Sosial, senang bersosialisai dan mambangun jaringan relasi yang baik dengan orang lain, agar mendaptkan tingkat kepercayaan yang tinggi.

Dari tips dan langkah-langkah di atas semoga kita bisa menjadi pemuda yang bisa menjadi kebanggan bangsa Indonesia dan begitu banyaknya pemuda yang yang tersesat ke dalam jurang kebodohan, kejelekan, dan semoga dengan tips dan langkah ini kita bisa menjadi pemuda yang bisa bangkit akan dari keterpurukan ini.

Komentar

Berita lainnya