oleh

Berkenalan dengan Akuntansi Ternyata Menyenangkan

-Opini-806 views

Oleh : Aulia Putri Oktaviani Jusri

Banyak yang mengira bahwa akuntansi adalah hal yang menyulitkan. Nyatanya tidak seperti yang dibayangkan. Layaknya bertemu dengan orang baru, maka hal sulit yang pertama kali adalah bagaimana cara berkenalan. Kemudian bagaimana cara mengetahui karakter, kebiasaan, dan lain-lain. Akuntansi pun sama dengan hal itu, ia butuh perkenalan.

Kesan pertama saat berkenalan pasti bermacam-macam reaksinya. Entah dengan rasa menyenangkan, menyebalkan, membosankan, menarik, dan lain-lain. Semua tergantung bagaimana sudut pandang dan pemikiran dalam melihatnya. Fakta yang menarik tentang akuntansi adalah saling terkait dengan kehidupan. Dimulai dari bangun hingga tertidur kembali.

BACA JUGA:  Apasih Maumu?

Bagaimana mungkin? Ya sangat mungkin, karena akuntansi dan ekonomi saling terkait. Begitupun ekonomi dengan kehidupan juga terkait. Maka secara tak langsung akuntansi dan kehidupan juga berkaitan. Maksudnya apa? Semua butuh perencanaan, perhitungan, dan analisa. Lalu dimana sisi mencatatnya? Sisi mencatatnya ada pada apa saja hal yang telah dilakukan. Semua yang telah dikerjakan, telah tercatat di sejarah kehidupanmu.

BACA JUGA:  Apasih Maumu?

Jika ketiga hal tersebut saja berkaitan. Lantas masihkah merasakan bahwa akuntansi itu sulit? Hal ini hanya butuh persepsi cara berfikir yang baik. Tahap pertama, bayangkan jika sedang di posisi bertemu anak baru. Apa yang sedang dirasakan? Pasti bertanya ini siapa. Lalu setelah mengetahui, pasti ada rasa ingin mengenal, mengetahui latar belakangnya, dan seterusnya. Kemudian terapkan hal ini saat berhadapan dengan akuntansi. Anggap saja sedang berkenalan dengan anak baru.

BACA JUGA:  Apasih Maumu?

Tahap selanjutnya adalah membiasakan diri bertemu dengannya (akuntansi). Terapkan bahwa galeri fotomu masih kosong dengannya dan kau butuh untuk dokumentasi atau sekedar hiburan. Jika sering berinteraksi akan menimbukan keakraban. Sama halnya dengan akuntansi, kamu harus sering-sering melihat wujudnya dulu. Setelah terbiasa, barulah melihat karakter menyenangkannya. Maksudnya melihat isinya bahwa akuntansi mudah.

Lakukanlah dengan terus-menerus agar terbiasa. Selamat mencoba.

Komentar

Berita lainnya