oleh

Agar Persahabatan Tak Lekang oleh Waktu

-Opini-504 views

Bagi semua mempunyai sahabat dan teman banyak adalah anugrah terindah yang diberikan untuk kita. Ada banyak mendapatkan kelebihan jika kita punya teman dekat atau sahabat, terutama jika ada dalam dilanda kesusahan. Terkadang dalam pertemanan kita akan melalui kebersamaan yang kita lalui ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari atau diluar aktivitas kita. Teman dekat atau sahabat dimulai dari teman sekolah, teman kuliah ataupun teman kerja. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk menjaga pertemana dekat kita terutama dengan sahabat. Ada beberapa hal yang perlu dipahami:

Memberikan kepercayaan dengan menjadikan tempat curhat
Setiap orang pasti punya masalah masing-masing, demgam hal itu bisa kita meringankan masalah dipikiran kita dengan curhat, salah satunya dengan curhat ke sahabat atau teman dekat. Ada hal didunia ini yang tidak bisa kita bagi dengan orang tua ataupun saudara sekandung, tetapi dengan sahabat kita bisa membagi keluh kesah kita. Dengan sahabat, dia bisa memberikan sudut pandang dan nasihat yang dari sudut pandang orang lain yang bisa terutama dalam masalah internal dalam keluarga. Jika kita sering curhat kepada teman akan menambah kepercayaan pertamanan kita akan lahir kepercayaan tetapi jika baru berteman atau berdektan dalam waktu dekat kita juga perlu membatasinya lain hal jika kita sudah berteman dari masa sekolah.

Jangan takut minta maaf
Dalam persahabatan atau pertemanan kita tidak selamanya berjalan mulus pasti ada konfliknya. Bisa berasal dari masalah sepele hingga masalah pribadi seperti sama-sama menyukai orang yang sama misalnya . Dalam hal ini jika kita yang melakukan kesalahan cepat-cepatlah minta maaf. Dengan hal itu dia akan berfikir lagi agar tidak marahan ataupun memperbesar masalah

BACA JUGA:  Hijrah, Ayolah Kapan Lagi!

Menggalah lebih dulu
Sama halnya seperti jangan takut untuk meminta maaf terlebih dulu, menggalah lebih dulu akan membuat pertemanan kita awet, karena jika teman atau sahabat kita mempunyai sifat yang keras, menggalah lebih dulu akan membuat kita menghindari konflik ribut, janganlah takut menggalah, mungkin memang menguji kesabaran kita. Selagi masih tahap wajar kita bisa memaklumi sifat keras sahabat kita.

BACA JUGA:  Hijrah, Ayolah Kapan Lagi!

Mengkoreksi , saling mengungkapkan yang menganjal
Tidak selamannya kita bersama sahabat ada kalanya kita juga bersama teman yang lain. Hal ini mungkin bisa dia sibuk di saat kita butuh, dalam hal ini jangan sungkan untuk saling mengkoreksi jika teman kita salah dan mengungkapkan jika kita tidak suka jika teman dekat kita atau sahabat jika sudah berubah dari biasanya.

BACA JUGA:  Pembunuh dalam Sunyi itu Bernama Depresi

Jujur dan Jangan lah mengkianati
Tidak hanya dalam hubungan, perteman pun harus saling jujur, kunci dari kepercayaan. Karena jujur pun harus selalu ada setiap orang. Begitu pula jangan mengianati karena jika sekali saja sudah terjadi tidak jujur maka akan sering lahir kebohongan-kebohongan lainnya, apalagi sampai mengkianati seperti membuka aib teman kita sendiri dan menceritakan yang tidak perlu diceritakan kepada orang lain.

Begitulah beberapa tips-tips agar dapat menjaga pertemanan atau persahabatan kita menjadi awet dan baik-baik.
(Aini nur fakhriyah)

Komentar

Berita lainnya