oleh

TETAMEKRAF; Asah Pengetahuan Media Kreatif di Revolusi Industri 4.0

DEPOK POS – Politeknik Negeri Jakarta kembali mengadakan Seminar Nasional Teknologi Cetak dan Media Kreatif (TETAMEKRAF) pada Kamis, 25 Juli 2019. Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan yang berkonsentrasi pada indutsri cetak kemasan dan media kreatif menjadi penyelenggara seminar ini.

Dilihat dari persaingan industri kreatif yang semakin pesat dan tanpa batas, seminar ini memberikan pandangan serta pengetahuan baru tentang mengembangkan ide di dunia digital seperti sekarang ini.

“Saya menggambarkan industri 4.0 berawal ini pada akhir abad ke-18 yang berupa mekanisasi, tenaga air, tenaga uap. Revolusi industri kedua pada produksi massal, assembly line, listrik. Ketiga mulai abad ke-20 melalui komputer dan otomatisasi, hingga revolusi keempat saat ini melalui sistem cybers,” ujar Dudi Amrullah, Direktur Pengemasan dan Risiko Pengamanan Pangan Danone Indonesia.

BACA JUGA:  Kampus Umar Usman Telurkan Pebisnis Millennial Melalui Business Pitching

Dalam kehidupan di Tanah Air, dampak revolusi 4.0 sendiri dapat dilihat pada banyak hal seperti; efisiensi dan efektivitas produksi, pertumbuhan ekonomi dan inklusi sosial, energi, makanan, keamanan dan pertanian, pendidikan, gender dan pekerjaan, lingkungan dan sumber daya alam, mobilitas, sistem keuangan dan moneter, informasi dan hiburan, layanan kesehatan, perdagangan dan investasi internasional, dan konsumsi.

BACA JUGA:  Kampus Umar Usman Telurkan Pebisnis Millennial Melalui Business Pitching

Seminar nasional ini bertujuan memperkenalkan hasil riset dosen, mahasiswa, praktisi industri cetak kemasan, dan media kreatif, serta menjalin jejaring akademik yang memperkuat penelitian dan pendidikan teknologi cetak kemasan dan media kreatif di Indonesia.

“Kami berharap seminar nasional ini menjadi inspirasi untuk perkembangan teknologi cetak kemasan dan media dalam membangun industri kreatif Indonesia serta bermanfaat bagi perkembangan kajian teknologi kemasan dan media kreatif,” ujar Wiwi Prastiwinarti, Ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (Jurnalistik). (Adhita Dian, Djony Herfan)

Komentar

Berita lainnya