oleh

Tanggung Jawab Pemerintah Benahi Fasilitas Umum

-Opini-1.328 views

Oleh: Ayyuhanna Widowati, S. E. I.

Beberapa waktu lalu jembatan di Jalan Raya Sawangan ambruk sehingga menimbulkan kemacetan. Kemacetan dan antrean kendaraan di ruas Jalan Raya Sawangan atau perempatan Jembatan Mampang makin parah, baik dari arah Depok Satu maupun Bojongsari atau Parung Bingung serta Citayam (Cipayung) dan Limo.

Dengan menggunakan sistem buka tutup, antisipasi kemacetan dan antrean panjang di ruas Jalan Raya Sawangan baik dari Depok Satu maupun Bojongsari, banyak warga yang mengeluhkan kemacetan ini dan berharap segera diperbaiki. Karena sistem buka tutup antrean kendaraan bisa mencapai lebih dari 5 Km, maka Jalan Raya Sawangan menjadi salah satu jalan utama di Kota Depok.

Warga berharap pemerintah bisa cepat dalam menangani ambruknya jembatan, karena ini menyangkut fasilitas umum yang sangat penting bagi warga. Pemerintah punya tanggung jawab untuk membenahi tata ruang kota sehingga warga bisa menikmati fasilitas umum.

Apabila kita cermati bersama, dalam sistem Islam ada dua hal yang dijadikan dasar pembangunan, yaitu: Pertama dan yang paling utama pembangunan infrastruktur merupakan tanggung jawab pemerintah sepenuhnya.

Kedua, terkait dengan pendanaan pembangunan, sistem Islam menggunakan baitul mal dan tidak sepeser pun memungut dana dari masyarakat. Dalam sistem ekonomi Islam mengharuskan negara mengelola kekayaan alam sendiri dan hasilnya untuk kepentingan umum seperti pembangunan jalan dan lainnya. Dana pembiayaan pembangunan bukan berasal dari pajak maupun utang luar negeri.

Begitulah pengaturan pembangunan dalam Islam sehingga kalau ada kerusakan jalan atau fasilitas umum lainnya dapat segera tertangani agar mobilitas warga tidak terganggu.[]

Komentar

Berita lainnya