oleh

Pesona Youtube lebih Menarik dari Televisi?

-Tekno-839 views

Televisi merupakan sebuah media elektronik yang sejak dulu menjadi pilihan untuk mencari sebuah hiburan khususnya bagi keluarga pada saat-saat santai atau diakhir pekan. Bahkan hingga kini, televisi masih memeliki tempat tersendiri sebagaimana bioskop meski jumlah pemirsanya mulai berkurang.

Lalu, apa yang membuat penonton televisi berkurang? Salah satunya dengan hadirnya platform media sosial berbasis video yaitu Youtube yang kian hari kian melejit peminat nya. Terlebih karena konten nya yang beragam dan banyaknya genre konten yang disajikan membuat masyarakat lebih memilih untuk menonton Youtube daripada Televisi. Padahal sebelumnya Youtube tidak banyak ditonton oleh masyarakat, mereka lebih memilih menonton Televisi yang memang acaranya sudah ditunggu-tunggu.

Saat ini, semua berbalik haluan. Dibandingkan Televisi tradisional, Youtube memang lebih menyuguhkan konten – konten yang lebih menarik. Terlebih saat ini sudah teknologi semakin maju dengan hadirnya smartphone yang memudahkan kita bisa mengakses apa saja dan dimana saja termasuk menonton Youtube.

BACA JUGA:  Perkembangan Startup di Indonesia

Lain hal nya dengan Televisi yang mengaharuskan kita menonton dirumah atau ditempat-tempat tertentu saja tanpa bisa dibawa – bawa. Youtube telah mendominasi kita untuk mencari sebuah hiburan yang berarti keberadaan Televisi sudah mulai tergeser. Keadaan ini didukung oleh hadirnya SmartTV yang bisa langsung tersambung dengan Wi-fi dan berakhir dengan tontonan Youtube.

Stasiun Televisi saat ini mulai sudah kehabisan konten yang akan ditampilkan untuk menghibur masyarakat, dampak nya berakibat bahwa tayangan atau acara yang diberikan tidak masuk akal dan membuat masyarakat beralih untuk menonton Youtube yang lebih memiliki variasi konten. Masuknya digital era juga ikut menjadi salah satu alasan kuat yang menjadikan Youtube dikatakan lebih menarik.

Dikalangan generasi muda dan semakin canggih nya smartphone membuat terjadinya peralihan penonton Televisi ke Youtube. Generasi muda saat ini merasa akan lebih keren dengan memperlihatkan smartphone canggih nya dengan menonton Youtube, dibanding harus dirubah menonton Televisi.

BACA JUGA:  Perkembangan Startup di Indonesia

Menurut Republika.co.id angka – angka penelitian menunjukkan bahwa 57 persen kelompok usia ini menonton acara on-demand pada laptop atau PC,sedangkan 45 persen lebih memilih untuk melihat pada smartphone. Hanya 40 persen menggunakan perangkat televisi konvensional, benda yang diprediksi bakal kian ditinggalkan di tahun-tahun mendatang.

Ini membuka mata kita bahwa memang minat untuk menonton Televisi akan berkurang jika acara yang dihadirkan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman atau tidak bisa mengikuti apa mau dari penonton. Sedangkan untuk platform Youtube lebih banyak diisi oleh anak-anak muda yang selalu bisa memberikan konten menarik agar penonton bisa terus memilih Youtube dibandingkan Televisi. Ini menjadi sebuah kemirisan bagi orang-orang yang bekerja untuk Televisi, membuat mereka harus terus bisa berinovasi bagaimana agar bisa bersanding dengan media sosial Youtube.

Semakin pesat nya perkembangan teknologi, akan semakin banyak nya media baru yang hadir selain Youtube. Croteau (1997:12) memberikan pengertian nya tenang Media Baru yaitu, bahwa media baru yang muncul akibat inovasi teknologu dalam bida media meliputi TV kabel, satellites, teknologi, optic fiber¸dan komputer.

BACA JUGA:  Perkembangan Startup di Indonesia

Ini mempertegas bahwa kehadiran Youtube tidak bisa dijadikan sebagai akar masalah akan semakin tergeser nya penonton Televisi dan beralih ke Youtube. Yang menjadi fokus kita adalah bagaimana media Televisi harus bisa menyusul ketertinggalan dengan menawarkan konten-konten acara yang bisa menarik perhatian para penonton.

Apa yang terjadi saat ini tidak bisa dijauhkan dengan perkembangan Teknologi yang semakin pesat. Jika Televisi tidak bisa mengikutinya dan berinovasi, maka akan mati. Sedangkan Youtube akan terus berkembang didukung oleh semakin canggih nya smartphone. Televisi saat ini diharuskan untuk melawan keadaan bahwa Youtube akan semakin diminati, dan keduanya akan terus bersaing.

Ditulis oleh Regita Cahyani, mahasiswi London School of Public Relations – Jakarta.

Komentar

Berita lainnya