oleh

Keistimewaan Berqurban di Idul Adha

-Oase-722 views

Qurban dan aqiqah adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah dengan cara meyembelih hewan kemudian di bagikan kepada orang lain, sejarah qurban telah ada semenjak jamannya Nabi Ibrahm AS dan Nabi Ismail. Mulanya Nabi Ibrahim diuji oleh Allah dengan keimannya yaitu perintah untuk menyembelih anaknya yang bernama Ismail AS.

Aqiqah sama halnya dengan qurban yaitu meyembelih hewan, kemudian di bagikan kepada orang lain, perbedaanya adalah jika qurban dibagikan dengan cara mentahan, berbeda halnya dengan aqiqah jika aqiqah di bagikan secara matang. Sejarah qurban memiliki nilai yang sangat tinggi sampai di jaman Nabi Muhammad dan para sahabatnya pun dilakukan. Selain membuat orang bahagia qurban dan aqiqah pun membuat diri kita dekat dengan sang pencipta.

Adapun qurban memiliki beberapa keutamaan dilansir dalamislam.com:

Mengajarkan arti keikhlasan
Berqurban mengajarkan kita dari keikhlasan, ikhlas mengorbankan sebagian harta kita untuk kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan. Kemudian selain itu juga memberikan kebahagian dan kemanfaatan bagi orang lain, manusia saat ini hanya diperintahkan oleh Allah untuk berkorban hewan dan merelakan sebagian hartanya untuk orang lain. Beda halnya dengan Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk mengorbankan anaknya yang bernama Ismail AS.

Menggapai ridho dan ganjaran dari Allah
Ridha dan ganjaran senantiasa akan kita dapatkan jika kita mengerjakannya dengan penuh keikhlasan dan semata-mata hanya ingin mendapatkan keridhaan dari Allah, Allah akan memberikan keridhaanNya hanya kepada orang-orang yang tulus serta ikhlas menjalankan ibadahnya serta taat akan perintah dan larangannya.

Memberikan kebaikan dan kebahagian untuk orang lain
Ibadah qurban juga memiliki fadhilah yang sangat tinggi selain memiliki nilai kebaikan berqurban juga memberikan kebahagian untuk orang lain. Karena dengan berqurban akan membuat orang-orang merasa bergembira dengan daging-daging yang kita bagikan kepada orang yang membutuhkan. Selain memberikan fadhilah yang tinggi ibadah qurban juga memiliki sosial yang kuat.

Menghindari dari kecintaan dunia secara berlebihan
Dengan adanya berqurban ini kita diajarkan untuk tidak mencintai dunia secara berlebihan. Karena harta yang kita miliki didunia ini hanya bersifat sementara. Harta yang kita miliki untuk bernilai kebaikan yaitu dengan memberikan sebagian harta kita kepada orang lain yang membutuhkan. Karena sebagian dari harta kita ada hak orang lain yang harus kita berikan.

Meningkatkan ketaqwaan dan ketaatan kepada sang pencipta
Keistimewaan berqurban adalah mengajarkan kita dari ketaqwaan. Arti dalam bertaqwa yaitu mengikhlaskan apa yang kita miliki untuk diqurbankan. ketaqwaan ini bisa kita aplikasikan dengan cara berqurban, seperti apa yang telah diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Ismail, dan diaplikasikan juga oleh Rasullah , sahabat, para tabiin, dan ummatnya hingga saat ini.

Indahnya berdoa di Hari Raya Idul Adha
Di hari Raya Idul Adha selain kita melaksanakan ibadah berqurban yang disebut dengan solat idul adha kita juga bisa melaksanakan ibadah yang disebut penyembelihan hewan ibadah ini sangat langka untuk kita temui, karena ibadah ini hanya ada satu tahun sekali. Inilah istimewanya hari Raya Idul Adha.. (Uun Agustina)

Komentar

Berita lainnya