oleh

10 Tips Agar Tak Salah Memilih Jurusan Kuliah

Perasaan senang karena akan memasuki dunia perkuliahan biasanya berbarengan dengan perasaan galau dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi. Meski ada banyak perguruan tinggi yang tersedia saat ini, untuk memilih jurusan kuliah tidaklah mudah. Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, agar Anda tidak salah jurusan.

Karena itu pastikan sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi Anda membaca dan memahami tips-tips dibawah ini. Sehingga Anda akan terhindar dari kasus ‘salah jurusan’. Berikut ini tips yang akan membantu Anda memilih jurusan kuliah yang tepat dilansir renesia.com

Memiliki motivasi diri

BACA JUGA:  Pengabdian kepada Masyarakat FIB UI di SMA Mardi Yuana Depok

Anda harus memiliki motivasi yang kuat untuk meneruskan pendidikan dalam bidang tertentu, misalnya kedokteran maka Anda harus mengejar sekolah yang dapat menerima Anda dalam jurusan kedokteran tersebut.

Melihat potensi yang Anda miliki

Tentukan dan kembangkan potensi yang Anda miliki, dengan begitu jika Anda sudah menemukan dimana potensi atau kemampuan apa yang Anda miliki, Anda dapat menyesuaikan dengan jurusan yang Anda minati.

BACA JUGA:  Pengabdian kepada Masyarakat FIB UI di SMA Mardi Yuana Depok

Menggali informasi lebih detail

Sebaiknya menggali informasi lebih detail terkait jurusan kuliah dalam universitas yang Anda tuju. Ini akan memberikan pertimbangan nantinya apakah Anda tetap lanjut kuliah di tempat tersebut atau memilih kampus lain.

Prospek karir

Agar tidak salah pilih jurusan, Anda sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu apa prospek karir yang akan Anda dapatkan. Pilihlah jurusan yang prospek karirnya mudah diserap oleh dunia kerja.

Ketahui Latar belakang lulusannya

Dari latar belakang lulusannya Anda bisa lihat dan menyimpulkan bagaimana jurusan tersebut mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas atau tidak.

BACA JUGA:  Tips Mahasiswa S3 Hadapi Ujian Akhir Semester

Akreditasi

Akreditasi merupakan cerminan kualitas dari sebuah jurusan, jadi semakin bagus akreditasi jurusan tersebut maka bisa diambil kesimpulan bahwa jurusan tersebut semakin baik pula.

Biaya kuliah

Anda harus mempertimbangkan kemampuan orangtua dan finansial yang mendukung hingga program studi berakhir.

Tips diatas bisa menjadi bahan referensi bagi Anda yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. (Resti Fauziah Mahasiswa STEI SEBI)

Komentar

Berita lainnya