oleh

Menjadi Entrepreneur Muda Sukses, Ini Tipsnya!

-Inspirasi-893 views

DEPOK POS – Universitas Trisakti mengadakan “Auto Excellent Entrepreneur Talkshow” akhir pekan lalu (21/6). Narasumber yang dihadirkan dalam talkshow itu, Sarfilianty Anggiani (Dosen Universitas Trisakti Jurusan Wirausaha) dan Fithor Muhammad, seorang motivator dan pengusaha muda yang begerak di bidang properti.

Dalam pemaparannya, Sarfilianty Anggiani memotivasi para mahasiswa agar memiliki pola pikir yang positif dan kreatif. Menurutnya, semangat saja tidak cukup, tapi dapat membaca peluang yang ada. Peluang itulah yang mendorong seseorang menjadi kreatif.

“Jadi mahasiswa, jangan cuma rutinitas, datang ke kampus, lalu pulang ke rumah tanpa aktivitas. Sosialisasi itu penting agar kita punya networking,” imbaunya.

BACA JUGA:  Profil Pengusaha Muda Sukses dari Nol yang Menginspirasi Generasi Milenial

Untuk menjadi seorang entrepreneur, dosen Trisakti itu itu juga mengajak para mahasiwa agar punya dream, harapan dan strategi. “Dream ini bukan lagi tidur dan kembang mimpi, tapi dimulai dengan sebuah cita-cita harapan, dengan bertanya pada dirinya sendiri, saya mau jadi apa.”

Dalam buku yang berjudul The Secret, dijelaskan, bahwa alam akan merespon jika kita punya sikap, tekad dan harapan baik. Kebaikan itu jadi modal untuk dapat melangkah lebih jauh. Jika kita baik, orang akan merespon baik, dimana kita mendapat trust atau kepercayaan dari siapapun.

BACA JUGA:  Profil Pengusaha Muda Sukses dari Nol yang Menginspirasi Generasi Milenial

“Nah, kalau diawal kita sudah tak baik dan tak bisa dipercaya, orang akan males dan enggan merespon kita untuk bekerjasama dalam hal apapun. Terpenting adalah jangan lakukan sesuatu yang kalian tidak suka,” Sarfilianty.
Untuk menjadi entrepreneur muda, lanjut Sarfilianty, buatlah perencanaan dan target. Misalnya, lulus kuliah jangan terlalu lama, apalagi sampai drop out. Nilai IPK yang tinggi saja bukan jaminan seseorang bisa sukses.

“Untuk menjadi entrepreneur yang sukses, tentunya harus ada proses yang dilaluinya. Selain niat, punya kemauan, juga memiliki kemampuan, dalam hal ini knowledge. Potensi diri juga tidak cukup tanpa ada kemauan yang kuat,” tandasnya.

BACA JUGA:  Profil Pengusaha Muda Sukses dari Nol yang Menginspirasi Generasi Milenial

Diakui, bahwa Indonesia adalah negara yang mengutamakan formalitas. Realitasnya, ijazah tetap dibutuhkan. Mereka yang bergelar S1 lebih diprioritaskan untuk diterima bekerja.

“Karena itu, bacalah peluang, miliki keahlian, kembangkan network, dan tetap jaga attitude dan trust. Zaman sekarang ngomong saja bisa jadi uang. Dream untuk menjadi entrepreneur muda yang sukses akan terwujud, jika kita segera eksekusi, let’s do it,” jelasnya. (des)

Komentar

Berita lainnya