oleh

Melepas Penat di Ruang Hijau Kota Depok

Menikmati hari libur tak lagi harus jalan-jalan jauh. Sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) sudah dapat dinikmati warga Depok. Taman Lembah Mawar bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang atau hanya sekedar beristirahat menghapus penat karena kesibukan.

Taman ini diresmikan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris ini berada di Jalan Bangau Raya, Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok. Mata pengunjung akan dimanjakan oleh hijaunya pepohonan dan tanaman-tanaman yang tumbuh di seluruh area taman, seperti pohon kamboja dan beringin.

 

Saat memasuki pintu utama taman, spot berswafoto seakan menarik pengunjung untuk mengambil beberapa momen keceriaan. Jika berbelok ke kiri, terdapat danau buatan dimana terdapat ikan-ikan yang siap dipancing tanpa perlu khawatir akan matahari yang menyengat ke kulit, karena di sepanjang danau itu terdapat pohon-pohon yang meneduhkan para pengunjung yang ingin memancing.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Berikan Layanan Ambulans Gratis untuk Warga Depok

Fasilitas yang selanjutnya dapat dirasakan adalah area permainan anak dan gym terbuka. Selain itu, terdapat sarana edukasi, seperti pemanfaatan energi surya, sistem tatakelola sampah, dan bahaya penggunaan kantong plastik secara berlebihan.

Jika berbelok kanan dari pintu utama, terdapat kantor kontainer sebagai pos keamanan Taman Lembah Mawar. Muhammad Timur adalah salah satu dari penjaga keamanan taman. Dia menjelaskan, taman ini sering dijadikan tempat untuk acara reuni, pemotretan, atau sekedar tempat berkumpul para pengunjung. Semua itu bisa didapatkan secara gratis. Meskipun membuat acara yang bersifat formal atau mengundang keramaian, harus membuat surat izin terlebih dahulu sehingga bisa bekerja sama untuk menjaga Taman Lembah Mawar tetap aman dan bersih. “Disini juga ada lapangan gratis yang bisa dimanfaatkan anak-anak muda untuk bermain bola atau yang lainnya di ujung taman setelah kantor kontainer”, tambahnya.

BACA JUGA:  LPM Tirtajaya Depok Soroti Minimnya Infrastruktur bagi Pemenuhan Hak Anak

Menurut Viko dan Amri, mahasiswa dari Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) dan Universitas Gunadarma, Taman Lembah Mawar ini sangat nyaman dan asri. Namun, perlu ditambahkan fasilitas, seperti toilet portabel agar lebih lengkap.

Taman Lembah mawar memiliki 4 (empat) area pintu masuk, yaitu pintu utama berada di depan SMPN 2 Depok, pintu kedua bersebelahan dengan pintu utama dimana area tersebut terdapat kantor kontainer sebagai pos penjagaan, pintu ketiga berada di tempat parkir motor untuk Anda yang membawa kendaraan motor, dan pintu keempat berada tepat di depan Jalan Mawar Raya. (Devina Kurnia Sari)

Komentar

Berita lainnya