oleh

Digitalisasi Penyaluran Zakat lewat Aplikasi Duit Hape

-Tekno-1.610 views

DEPOK POS – Idul Fitri 1440 H ini ada yang berbeda dari pembagian zakat Dompet Dhuafa. Selain dengan channel tradisional, tahun ini zakat juga dibagikan secara digital kepada kaum dhuafa.

“Pengalaman sebelumnya bekerja dibidang development, bagaimana sulitnya membagikan bantuan kepada masyarakat di pedalaman yang belum terlayani perbankan, harus membawa uang tunai sampai milyaran rupiah, memasukkan uang kedalam amplop satu per satu, terbayang resiko keamanan serta kelelahan fisik yang harus dijalani,” ujar Sara Dhewanto sebagai pendiri Duit Hape dalam siran pers yang diterima Depok Pos.

Atas dasar itu, Sara Dhewanto sebagai pendiri Duit Hape, memutuskan untuk membangun duithape sebagai solusi pembayaran bagi masyarakat yang belum memiliki rekening bank.

BACA JUGA:  Facebook dan Instagram Larang Penggunaan Emoji Seksual

“Perkembangan digital kian pesat hal ini mempengaruhi perolehan zakat tahun ini yang mencapai 96 miliar. Dalam perkembangan digital, Dompet Dhuafa merupakan lembaga pertama yang melakukan penyaluran zakat fitrah melalui digital serta lembaga yang berani menampilkan data penerima manfaat secara riil atau nyata dimana saja penerimanya. Di era teknologi yang tumbuh secara pesat serta peran aktif dari masyarakat dalam perputaran laju ekonomi, menumbuhkan terobosan baru di ruang teknologi digital dalam peran penyaluran zakat fitrah secara masif, terstruktur dan akurat. Diharapkan dengan perkembangan teknologi, tidak hanya saat tebar zakat fitrah, namun juga bisa tebar kurban melalui Duit Hape”, ujar Yuli Pujihardi selaku Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa.

BACA JUGA:  PUBG Mobile Season 10 Segera Hadir, Tingkatkan Royale Pass Kamu!

Zaman dahulu Amil Zakat dan siapapun yang membagikan harus menyiapkan ribuan paket sembako, mengumpulkan dhuafa di lapangan atau masjid dan membagikan satu-persatu. Sementara kaum dhuafa harus berjalan jauh, menyisihkan ongkos, kemudian berjubel berebutan. Keadaan sering kacau dan kadang malah memakan korban.

Seiring waktu terus berjalan inovasi dari duithape, Dompet Dhuafa membawa perubahan, pada malam itu (selasa lalu, 04/06) sebelum Idul Fitri membagikan 3500 paket sembako senilai Rp 100,000 tanpa meninggalkan kantor. Tim duithape mendistribusikan sembako secara cashless dan memastikan bahwa zakat tersalurkan secara akuntabel kepada penerima zakat yang berhak sebelum waktu Sholat Idul Fitri.

Kaum dhuafa juga tidak perlu repot. Mereka cukup datang ke warung sembako dekat rumah yang sudah bekerja sama dengan duithape dan tinggal menukarkan e-voucher. Mereka juga memiliki keleluasaan memilih sembako sesuai dengan kebutuhan mereka seperti beras, gula, garam, minyak, daging, telur, susu dan gas LPG.

BACA JUGA:  Bermain Game Bisa Menjadi Profesi! Simak Penghasilan Gamers Profesional

Pembagian zakat secara digital ini juga ikut mensejahterakan warung yang menjadi tempat penukaran. Warung-warung yang bekerja sama dengan duithape mendapatkan pemasukan jutaan dari penukaran zakat hanya dalam beberapa hari sejak Lebaran.

Berharap dengan cara yang inovatif dari duithape ini, pembagian zakat, subsidi atau donasi apapun akan sangat mudah bagi pemberi donasi. Dan yang paling penting memberikan kemudahan serta manfaat bagi penerima, sambil turut mengembangkan perekonomian lokal melalui pengusaha kecil yang turut berpartisipasi. (PR)

Komentar

Berita lainnya