oleh

Deretan Pick Up Truck Chevrolet Klasik Pukau Kolektor di Ajang Lelang Arizona

-Otomotif-690 views

DEPOKPOS – Di awal tahun ini di Arizona Amerika Serikat, Chevrolet K10 4X4, sebuah pickup-truck keluaran tahun 1969, yang telah direstorasi dan dimodifikasi terjual dengan harga $137.500 (sekitar IDR1,9 miliar) di sebuah acara pelelangan. Tak kalah mengesankannya, pickup truck Chevrolet klasik lainnya yang dikenal masyarakat dengan ketangguhan dan desainnya – juga telah terjual dengan harga yang lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan semakin meningkatnya minat terhadap model-model ini.

“Pickup truck antik Chevrolet cukup populer di kalangan para kolektor, bahkan menyaingi tipe muscle car,” ujar Craig Jackson, Chairman and CEO of Barrett-Jackson Auction Company. “Fenomena yang sangat menarik adalah ternyata para kolektor cenderung memburu kendaraan yang dinilai unik dan sangat berbeda. Muscle car yang menjadi kendaraan koleksi adalah mobil-mobil yang dinilai setimpal antara kualitas produk dan harganya. Sementara pickup truck antik yang paling menjadi incaran para kolektor adalah jenis pickup truck yang telah seluruhnya dikastem dan elemen desain yang unik serta pengerjaan kastem dengan kualitas tinggi merupakan kriteria yang penting bagi mereka.”

Di dunia kendaraan kolektor, “angka yang tepat” untuk menggambarkan nilai sebuah kendaraan adalah ketika di kendaraan tersebut masih dijumpai banyak komponen utama yang asli. Namun ketika faktor ini menjadi penting dalam menilai sebuah Chevrolet Corvette atau Camaro muscle car, tetapi kriteria tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam kategori vintage pickup-truck.

Menurut para pakar di bidangnya, pickup truck klasik yang dimodifikasi, seperti Chevrolet 3100, Apache, Cameo dan model C/K keluaran tahun 1950-70an, merupakan sebuah tren yang muncul di dalam dunia kendaraan kolektor sebagai cara praktis untuk memasuki pasar kolektor mobil klasik.

“Salah satu daya tarik pickup truck klasik Chevrolet adalah kesempatan mengkastem pickup truck sesuai selera dan impian Anda,” ujar Sandor Piszar, Marketing Director Chevrolet Trucks. “Sebuah pickup truck mudah ditemukan dengan harga yang relatif rendah, namun tidak demikian dengan biaya pengerjaan modifikasi bodi, sasis, dan peningkatan performa kendaraan yang nyaris tanpa batas. Dalam hal ini, tidak salah jika pickup truck Chevrolet merupakan pilihan yang tepat bagi para kolektor dari berbagai usia,” tambahnya.

Ketangguhan pickup truck klasik Chevrolet juga menjadi magnet bagi para kolektor mobil di tanah air. Salah satunya adalah Danny B. yang juga gemar mengkoleksi pickup-truck. “Saya dari dulu memang sudah senang dengan pickup truck milik Chevrolet karena ketangguhan mesin Chevrolet jika dibandingkan dengan brand-brand lainnya, bahkan sampai saat ini saya masih memakai mesin enam silinder in-line maupun yang V-8. Selain itu, saya masih memiliki kendaraan Chevrolet keluaran tahun 1946 hingga 1972 yaitu Art Deco Series, Advance Series, Task Force Series tipe 3100, C10 Series. Chevrolet pickup keluaran 1957 yang saat ini saya miliki telah di restorasi ulang dengan memakai spare parts semua orisinil dan kembali seperti baru keluaran pabrik GM.” ujar Danny B., kolektor mobil dan pemilik Chevrolet Apache 1958. “Chevrolet pickup 1957 ini pertama kali saya temukan dalam keadaan bodi utuh dengan chassis original dan dengan minimal keropos di bodi karena plat yang cukup tebal. Hanya mesin saja tidak hidup dan perlengkapan aksesories hanya sisa seadanya. Namun, saya melakukan restorasi dan modifikasi selama dua tahun penuh, terutama bagian suspensi, bodi dan mesin yang masih sama 6 silider dan semua perlengkapan aksesories dan spareparts orisinil masih tersedia di Amerika.”

Fakta memang menunjukkan bahwa pickup truck Chevrolet yang telah berusia puluhan tahun masih sangat layak digunakan. Hal ini mencerminkan komitmen General Motors untuk memproduksi kendaraan berkualitas tinggi. Saat ini, semua kendaraan Chevrolet termasuk double cabin Colorado diproduksi dengan menggunakan prinsip dan proses GM’s global Built-In Quality guna memastikan ketangguhan dan keandalan kendaraan.

Desain khas Amerika yang nampak jelas turut memperkuat daya tarik pickup truck Chevrolet. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukan bahwa desain eksterior merupakan hal terpenting saat konsumen ingin membeli sebuah kendaraan.

Pickup-Truck Kastem Termahal yang Terjual di Pasar Lelang

Berikut ini adalah 10 pickup truck Chevy termahal sampai saat ini dalam transaksi yang pernah dilakukan di pasar lelang milik Barrett-Jackson. (Semua informasi dan foto merupakan milik Barrett-Jackson Auction Company).

1 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet 3100 Tahun 1957 ini terjual dengan harga $214.500 pada tahun 2016 (sekitar IDR 3,0 miliar). Lebih dikenal dengan sebutan “Quicksilver”, sang juara modifikasi tahun 2014 ini dianggap sebagai “salah satu pickup truck modifikasi terbaik sepanjang masa”.

2 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet 3100 Tahun 1950 ini ditransaksikan dengan harga $205,700 (sekitar IDR 2,9 miliar) pada tahun 2017. Kendaraan ini telah mengalami modifikasi pada hampir semua bagiannya, mulai dari kerangka TCI dengan suspensi depan independen hingga performa mesin Chevy 500-hp.

3 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet 3100 Tahun 1958 ini laku dengan harga $198.000 pada tahun 2018 (sekitar IDR 2,8 miliar). Proses pengerjaan kendaraan ini termasuk pembuatan modifikasi bodi bagian bawah menjadi lebih modern telah menghabiskan waktu lebih dari 1.500 jam.

4 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet 3100 Tahun 1951 berpindah kepemilikan dengan nilai tranaksi sebesar $187.000 (sekitar IDR 2,6 miliar) pada tahun 2018. Kendaraan ini pernah tampil di cover Majalah Street Trucks pada tahun 2015 dan telah memenangkan berbagai penghargaan.

5 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet Cameo Tahun 1957 ini terjual dengan harga $159.500 (sekitar IDR 2,2 miliar). Dibalut warna oranye, kendaraan ini memiliki dapur pacu BigBlock bertenaga 500-hp dan bagian interiornya dilapisi bahan kulit.

6 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet C-6 Tahun 1957 ini terjual dengan harga $148.500 pada tahun 2011 (sekitar IDR 2,1 miliar). Dengan proses modifikasi yang memakan waktu hingga 7,000 jam, kendaaan ini telah mengkonsumsi ribuan komponen untuk membuatnya dan telah memenangkan penghargaan GM Design Award pada SEMA 2009 dan Mothers Choice Award pada SEMA 2010.

7 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet Cameo Tahun 1955 ini berpindah tangan dengan harga $143.000 (sekitar IDR 2 miliar) pada tahun 2013. KEndaraan ini memiliki bak belakang yang terinspirasi oleh Nomad 1995, sementara pada bagian samping terinspirasi dari Bel Air 1957, dan memiliki interior berbahan kulit yang berwarna merah.

8 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet K10 4×4 Tahun 1969 ini terjual dengan harga $137.500 (sekitar IDR 1,9 miliar) pada tahun 2019. Pickup-Truck berukuran “short-wide” ini mengalami modifikasi pada bagian bawah di mana setiap mur dan baut dibongkar dan diganti, atau diperbaiki.

9 – Pickup-Truck Kastem Chevrolet 3100 Tahun 1955 ini tertransaksi dengan harga $132.000 (IDR 1,8 miliar) pada tahun 2006. Menghabiskan waktu hingga 6 tahun lamanya untuk pekerjaan modifikasi, kendaraan ini tampil di 6 cover majalah Street Trucks Magazine sebagai salah satu dari 50 pickup-truck terbaik tahun 2000an.

10 – Pickup-TruckKastemi Chevrolet El Camino 1960 ini telah terjual dengan harga $126.500 (IDR 1,8 miliar) pada tahun 2017. Setiap bagian dari pickup truck unik ini telah mengalami modifikasi, mulai dari mesin GM dengan sistem bahan bakar injeksi, bagian interior yang berbahan kulit, hingga bagian bawahnya yang sangat detail dan di cat ulang. (PR)

Komentar

Berita lainnya