oleh

16 Pendiri StartUp Indonesia Lulus Program UNCTAD Angkatan ke-6

-Nasional-759 views

DEPOKPOS – 48 pendiri startup dari enam negara Asia Tenggara, 16 diantaranya dari Indonesia, menuntaskan program eFounders Fellowship angkatan ke-6 yang digelar Alibaba Business School dan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) di kantor pusat Alibaba Group di Hangzhou, Tiongkok, tanggal 2-12 Juni 2019.

Jack Ma, pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group, sebagai Penasehat Khusus UNCTAD untuk Pengusaha Muda dan Usaha Kecil berkomitmen untuk memberdayakan 1000 pengusaha dari negara-negara berkembang agar memanfaatkan ekonomi digital untuk menciptakan pembangunan ekonomi yang inklusif. Penyelenggaraan eFounders Fellowship sejak 2018 dan kelulusan angkatan ke-6 ini merupakan langkah penting untuk memenuhi komitmen tersebut.

“eFounders Fellowship bertujuan untuk menginspirasi pengusaha muda dari negara-negara berkembang untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di negara mereka masing-masing. Kami juga berharap mereka bisa menyebarkan dampak positif ekosistem digital kepada usaha kecil dan menengah (UKM), pengusaha, dan kelompok-kelompok yang sering terpinggirkan dari kegiatan ekonomi,” kata Brian Wong, Wakil Presiden Alibaba Group, yang mengepalai program Global Initiatives Alibaba.

BACA JUGA:  Anis Byarwati Angkat Bicara, Dorong Pemerintah Agar Menstimulus Daya Beli Masyarakat

Para eFounders fellows – sebutan mereka yang telah lulus program – dari angkatan ke-6 ini berasal dari lima industri yang berbeda, yaitu e-commerce, fintech, pariwisata, logistik, dan big data. Secara akumulatif, para eFounders fellows angkatan ke-6 ini telah menciptakan lebih dari 2.700 lapangan kerja, menghasilkan pendapatan total Rp 5,6 triliun (USD 400 juta), dan melayani lebih dari tujuh juta brand bisnis dan konsumen di berbagai negara.

BACA JUGA:  Anis Byarwati Angkat Bicara, Dorong Pemerintah Agar Menstimulus Daya Beli Masyarakat

Pendaftaran Angkatan Baru Dibuka

Sejak eFounders Fellowship pertama digelar pada tahun 2018, Alibaba Business School dan UNCTAD telah melatih 212 pendiri startup, termasuk 28 pendiri asal Indonesia. Selain ke-16 fellows angkatan ke-6, pendiri dari Warung Pintar, Sayur Box, STOQO, Shipper, Hadiah, Everhaus Capital, Simply Dots, Bizzy Indonesia, Sociobuzz.com, Taralite, Awan Tunai, dan Pickpack telah mengikuti eFounders program angkatan-angkatan sebelumya.

BACA JUGA:  Anis Byarwati Angkat Bicara, Dorong Pemerintah Agar Menstimulus Daya Beli Masyarakat

Kini, Alibaba Business School dan UNCTAD kembali membuka pendaftaran untuk kelas Asia eFounders Fellowship berikutnya yang akan diadakan di Hangzhou, 2-12 Desember 2019. Periode pendaftaran akan berakhir pada tanggal 7 Oktober 2019. Program eFounders Fellowship terbuka untuk semua pendiri startup di Indonesia yang telah beroperasi setidaknya 2 tahun. Prioritas akan diberikan untuk pendiri perempuan dan mereka yang berusia di bawah 35 tahun.

Komentar

Berita lainnya