oleh

Tarhib Ramadhan dan Keutamaan Ramadhan

-Ramadhan-956 views

Oleh: Resti Fauziah, Mahasiswa STEI SEBI

Tarhib yaitu menyambut, menerima dengan penuh kelapangan, keluasan dan keterbukaan hati.

Tarhib Ramadhan yaitu menyambut kedatangan bulan ramadhan dengan segala kesiapan, keluasan, kelapangan dan keterbukaan yang dimiliki, baik materiil maupun spiritual, jiwa dan raga serta apapun yang ada dalam diri kita.

Adapun keutamaan dari Tarhib Ramadhan diantaranya:

Barangsiapa yang bergembira dan senang menyambut bulan suci Ramadhan, maka Allah SWT akan mengharamkan jasadnya masuk kedalam neraka (H.R Bukhori dan Muslim)

Jika tidak pernah kita persiapkan kedatangannya maka jangan harap pertemuannya penuh kesan, dan bila tak ada kesan saat pertemuan maka tidak akan ada penghargaan untuk mengenangnya apalagi merawatnya.

Selain itu, Ramadhan juga memiliki keutamaan diantaranya dilansir kiblat.net:

Allah Azza wa Jalla menjadikan puasa di Bulan Ramadhan sebagai rukun keempat dari rukun Islam.

Allah berfirman:
شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلۡعُسۡرَ وَلِتُكۡمِلُواْ ٱلۡعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah: 185)

Allah menurunkan Al-Quran di Bulan Ramadhan

Sebagaimana firman Allah Ta’ala:
“Sesungguhnya Kami turunkan ( Al-Quran ) pada malam Lailatul Qadar. (QS. Al-Qadar: 1)

Allah menetapkan Lailatul Qadar pada bulan ramadhan, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Allah telah mengistimewakan bulan ramadhan dengan adanya Lailatul Qadar. Untuk menjelaskan malam yang barokah ini, Allah turunkan surat Al-Qadar. Keterangan ini juga dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam:
“Bulan Ramadhan telah tiba menemui kalian, bulan (penuh) barokah, Allah wajibkan kepada kalian berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan durhaka dibelenggu. Padanya Allah memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan, siapa yang terhalang mendapatkan kebaikannya, maka sungguh dia terhalang (mendapatkan kebaikan yang banyak).”
(HR. Nasa’i dan Ahmad)

Komentar

Berita lainnya