oleh

Shalat Subuh Bersama Para Malaikat

-Ramadhan-706 views

Shalat adalah salah satu ciri orang yang mengaku muslim, dan beriman kepada Allah SWT. Shalat adalah satu kewajiban yang waktunya telah ditentukan. Seseorang tidaklah dianggap beriman, jika tidak mengerjakan Shalat lima waktu. Dan shalat berjamaah lebih utama. Bahkan ketika kita melakukan shalat shubuh dan shalat ashar berjamaah, sesungguhnya kita sedang melaksanakan shalat bersama para malaikat.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Isra ayat 78
‘’Dirikanlah Shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan ( dirikanlah shalat ) shubuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan oleh para malaikat.’’

Ayat di atas menerangkan waktu-waktu shalat yang lima tergelincir matahari untuk waktu dzuhur dan waktu Ashar, gelap malam untuk Maghrib dan isya.

Pada waktu menjelang subuh para malaikat malam berkumpul untuk melkasanakan shalat Subuh bersama para jamaah, dan bersamaan dengan itu, malaikat siang pun turun untuk mengawali tugasnya menggantikan malaikat malam, dengan melaksanakan shalat subuh berjamaah. Seluruh malaikat yang bertugas malam dan yang bertugas siang berkumpul bersama para jamaah di masjid-masjid untuk melaksanakan shalat subuh dan berdoa bersama. Masya Allah

Setelah shalat subuh dan berdoa, malaikat siang langsung melaksanakan tugasnya, sedangkan malaikat malam naik menghadap Allah SWT untuk memberikan laporannya. (walaupun sesungguhnya Allah SWT maha tahu atas segalanya). Allah bertanya kepada para malaikat : bagaimana keadaan hamba-Ku sewaktu engkau tinggalkan? ‘’. Malaikat pun menjawab : ‘’ Aku tinggalkan mereka sedang shalat subuh berjamaah’’.

Begitu pula yang terjadi pada saat malaikat siang naik memberikan laporannya kepada Allah. Allah pun menanyakan hal yang sama kepada malaikat siang: ‘’bagaimana keadaan hamba-Ku sewaktu engkau tinggalkan? ‘’. Malaikat siang pun menjawab: ‘’ aku tinggalkan mereka sedang shalat ashar berjamaah’’.

Para malaikat pastilah memberikan laporan selengkap-lengkapnya kepada Allah SWT, dengan menyebutkan satu persatu tanpa ada yang tertinggal seorangpun, nama-nama hamba Allah yang melaksanakan shalat subuh dan shalat ashar berjamaah di masjid-masjid. Demikian pula sebaliknya, malaikat pun akan menyebutkan satu persatu tanpa terlewat seorangpun, siapa saja yang tidak melaksanakan perintah Allah SWT.

Mari kita jaga selalu nikmat kesehatan dan kesempatan ini, agar setiap hari kita dapat melakukan ibadah shalat lima waktu. Bukan hanya pada saat bulan suci Ramadhan saja, tetapi pada 11 bulan berikutnya dan seterusnya. Aamin yaa rabbal alamin

Oleh : Ana Rohana ( Mahasiswa STEI SEBI )

Komentar

Berita lainnya